;

Abstrak


Hubungan Vaksinasi pada Pasien Covid-19 Derajat Sedang, Berat, dan Kritis dengan Faktor Komorbid terhadap Kesembuhannya


Oleh :
Mia Herdiyani Achmad - S601802005 - Fak. Kedokteran

Mia Herdiyani Achmad, 2022, Tesis. Hubungan Vaksinasi Pada Pasien COVID-19 Derajat Sedang, Berat Dan Kritis Dengan Faktor Komorbid Terhadap Kesembuhannya. Supervisor I: Prof. DR. Dr. Reviono, Sp.P(K) FISR; Supervisor II: Dr. dr. Yusup Subagio Sutanto, Sp.P(K), FISR, FAPSR. Program Pendidikan Dokter Spesialis Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi, Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret, Surakarta/ RSUD dr. Moewardi Surakarta.

 

ABSTRAK

 

HUBUNGAN VAKSINASI PADA PASIEN COVID-19 DERAJAT SEDANG,

BERAT DAN KRITIS DENGAN FAKTOR KOMORBID

TERHADAP KESEMBUHANNYA

 

Mia Herdiyani Achmad, Reviono, Yusup Subagio Sutanto

 Bagian Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta/ RSUD dr. Moewardi Surakarta

 

Pendahuluan: Vaksinasi COVID-19 merupakan salah satu langkah untuk mencegah infeksi COVID-19 sampai ke derajat berat dan kritis. Efektivitas dari hubungan pemberian vaksinasi terhadap tingkat kesembuhan pasien COVID-19 saat ini sedang banyak di teliti. Hubungan vaksinasi  pada pasien COVID-19 derajat sedang, berat dan kritis dengan faktor komorbid hipertensi dan DM terhadap tingkat kesembuhannya belum diketahui secara pasti.

Objektif: Penelitian ini mengetahui hubungan vaksinasi  pada pasien COVID-19 derajat sedang, berat dan kritis dengan faktor komorbid hipertensi dan DM terhadap tingkat kesembuhannya. Metode: Penelitian kohort retrospektif dengan mengambil data rekam medis pasien COVID-19 di ruang isolati melati 1 dari bulan Maret 2021 sampai 30 September 2021 di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Hubungan antara vaksinasi  pada pasien COVID-19 derajat sedang, berat dan kritis dengan faktor komorbid hipertensi dan DM terhadap tingkat kesembuhannya diuji menggunakan Chi Square dan koreksi uji Fisher’s exact.

Hasil: Terdapat 489 pasien dalam penelitian ini, 247 pasien dengan komorbid hipertensi dan DM dan 242 pasien tanpa komorbid. Pemberian vaksinasi berhubungan  signifikan terhadap tingkat kesembuhan pasien COVID 19 derajat sedang, berat dan kritis dengan komorbid hipertensi (p=0.018), namun tidak berhubungan signifikan dengan faktor komorbid DM (p=0.606). Tidak terdapat perbedaan signifikan antara usia dengan status vaksinasi pada pasien COVID-19 derajat sedang, berat dan kritis dengan faktor komorbid hipertensi dan DM terhadap kesembuhan (p=0,953). Terdapat hubungan antara vaksinasi terhadap pasien COVID-19 dengan komorbid hipertensi dan DM dan yang tidak mempunyai komorbid. (p=<0>

Simpulan:. Pemberian vaksinasi berhubungan pada kesembuhan pada pasien COVID-19 derajat sedang, berat dan kritis baik dengan komorbid hipertensi dan tidak memiliki komorbid.