Abstrak


Asuhan Kebidanan Terintegrasi pada Ny. F Umur 27 Tahun di Klinik Sri Murti Husada Surakarta di Masa Pandemi Covid-19


Oleh :
Dinda Yudvina Bhayu Putri - R0318022 - Sekolah Vokasi

Ruang lingkup: Asuhan kebidanan terintegrasi dimulai dari masa kehamilan, bersalin, bayi baru lahir, nifas hingga keluaga berencana. Asuhan diberikan secara komprehensif untuk menjamin kesejahteraan ibu dan bayi serta deteksi dini komplikasi.
Pelaksanaan: Asuhan kebidanan terintegrasi dilakukan selama 3 bulan. Asuhan kehamilan dilakukan sebanyak 2 kali. Asuhan persalinan berlangsung secara spontan normal. Asuhan nifas terjadi perdarahan postpartum primer dan anemia sedang pada kunjungan pertama nifas dengan tindakan penjahitan ulang laserasi di klinik sri murti husada dan transfusi darah di rumah sakit kustati. Asuhan bayi baru lahir normal dengan memastikan pemberian ASI Eksklusif, serta memberikan konseling mengenai macam-macam alat kontrasepsi.
Evaluasi: Asuhan kehamilan normal, persalinan secara normal spontan, terdapat komplikasi pada 6 jam nifas yaitu perdarahan postpartum primer dan anemia sedang dengan penanganan tindakan penjahitan ulang laserasi dan transfusi darah, asuhan bayi baru lahir normal dan ibu memilih kontrasepsi IUD.
Simpulan dan Saran: Terdapat kesenjangan dalam pemberian asuhan yaitu pada waktu pemberian vitamin A tidak sesuai teori namun dapat teratasi pada hari ke-12 nifas. Petugas kesehatan diharapkan dapat memberikan asuhan secara komprehensif sesuai dengan standar asuhan kebidanan yang sudah ditetapkan.

Kata Kunci: Asuhan kebidanan, Klinik Sri Murti Husada, Terintegrasi