Abstrak


Studi Tingkat Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI pada Mata Pelajaran PJOK Melalui Daring di SMA Negeri 1 Buluspesantren Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2021/2022.


Oleh :
Dony Alif Utomo - K4615036 - Fak. Keolahragaan

ABSTRAK

 

 

Dony Alif Utomo. K4615036. STUDI TINGKAT MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI  PADA MATA  PELAJARAN  PJOK MELALUI DARING DI SMA NEGERI 1 BULUSPESANTREN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2021/2022, Skripsi. Surakarta : Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2022

          Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat motivasi belajar Peserta didik kelas XI pada mata pelajaran PJOK melalui daring di SMA Negeri 1 Buluspesantren tahun 2021/2022. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif kemudian dijabarkan melalui deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMA N 1 Buluspesantren kelas XI yang berjumlah 83 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Kuesioner atau angket. Berdasarkan hasil penelitian diketahui melalui enam indikator motivasi belajar PJOK melalui daring yang telah di rangking sebagai berikut, di posisi pertama yang mempengaruhi motivasi belajar peserta didik adalah hasrat dan keinginan belajar dengan rata-rata 4,148 dikategorikan baik. Nilai rata-rata tertinggi kedua adalah adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar yakni sebesar 4,120 dengan kategori baik. Ketiga adanya penghargaan belajar dengan rata-rata 4,103 dengan kategori baik. Adanya kegiatan belajar yang menarik menempati posisi keempat sebagai indikator yang mempengaruhi motivasi belajar dengan rata-rata 3,703 dengan kategori baik juga. Untuk indikator adanya harapan dan cita-cita masa depan  pada posisi kelima dengan rata-rata 3,577 dengan kategori baik. Dilihat dari nilai terendah maka peserta didik kurang mendapatkan motivasi pada indikator adanya lingkungan belajar yang kondusif nilai rata-rata pada aspek tersebut sebesar 3,362 yang termasuk kategori cukup. Motivasi secara keseluruhan dikategorikan baik dengan rata-rata sebesar 3,827.