Abstrak


Pengaruh Self-Congruity dan Functional-Congruity Terhadap Niat Pembelian Ulang dengan Kepuasan Sebagai Mediasi


Oleh :
Theo Adinata - F1218038 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara self-congruity dan functional-congruity terhadap niat pembelian ulang dengan kepuasan sebagai mediasi pada konsumen dari Kedai Sha’Ring Karanganyar. Penelitian ini menguji berdasarkan pengalaman konsumen tentang hubungan self-congruity dan functional-congruity terhadap kepuasan dalam upaya menumbuhkan niat pembelian ulang. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hubungan self-congruity dan functional-congruity secara langsung terhadap niat pembelian ulang.
Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner yang disebar secara daring dan data yang diperoleh sebanyak 211 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik Structural Equation Modelling (SEM).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara self-congruity terhadap kepuasan dan functional-congruity. Sedangkan variabel functional-congruity juga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan dan niat pembelian ulang. Begitupun dengan kepuasan juga berpengaruh signifikan terhadap niat pembelian ulang. Namun, self-congruity tidak berpengauh signifikan terhadap niat pembelian ulang.

Kata Kunci: Self-congruity, functional-congruity, kepuasan, niat pembelian ulang