Abstrak


Penerapan Metode AHP dan Promethee II dalam Penentuan Prioritas Bobot Kriteria dan Perankingan Performa Supplier PT INKA Multi Solusi Trading


Oleh :
Inka Aulia Faradita - F3118029 - Sekolah Vokasi

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penemuan bahwa belum pernah dilakukan evaluasi supplier pada PT INKA Multi Solusi Trading yang telah berdiri selama kurang lebih enam tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prioritas bobot kriteria untuk evaluasi supplier dan meranking supplier yang dimiliki PT INKA Multi Solusi Trading untuk mencapai supplier terbaik sebagai pemasok bahan baku tetap.
Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analythical Hierarchy Process dan PROMETHEE II. Metode Analythical Hierarchy Process digunakan untuk mencari prioritas kriteria sedangkan metode PROMETHEE II digunakan untuk meranking supplier supaya diketahui supplier terbaik dan terburuk.
Hasil penelitian ini adalah diketauinya kriteria dan bobotnya dalam mengevaluasi supplier dan ditemukan urutan ranking supplier terbaik yang dimiliki PT INKA Multi Solusi Trading. Saran yang diberikan diataranya perusahaan dapat menyertakan subkriteria agar hasilnya lebih komprehensif.

Kata kunci: Evaluasi supplier, AHP, PROMETHEE II