Penulis Utama : Hastuti Purwakarini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Analisis penawaran tembakau di Kabupaten Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian NIM.H1301019-2003
Subyek : PEMASARAN, MANAJEMEN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap penawaran tembakau Vorstenlanden di Kabupaten Klaten dan untuk mengetahui elastisitas penawaran tembakau Vorstenlanden di Kabupaten Klaten.

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis. Macam data adalah data sekunder dan jenis data adalah runtun waktu (time series) selama 15 tahun, data diperoleh dengan pencatatan pada instansi atau lembaga yang terkait yaitu: Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Badan Pusat Statistik dan PTPN X Kabupaten Klaten.

            Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda secara  langsung dengan pendekatan jumlah produksi.

            Hasil analisis regresi menunjukkan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 91,40 %, berarti sumbangan dari semua variabel yang digunakan terhadap variasi penawaran sebesar 91,40 %.

            Dari hasil uji-F diperoleh nilai F hitung 26,59 sedangkan F tabel 4,89 pada tingkat kepercayaan 99 % berarti secara bersama-sama variabel harga tembakau Vorstenlanden pada tahun sebelumnya (Pt-1), jumlah produksi tembakau Vorstenlanden pada tahun sebelumnya (Qt-1) rata-rata jumlah curah hujan pada awal musim tanam (Rt), dan luas areal tanam tembakau Vorstenlanden pada tahun sebelumnya (At-1), mempengaruhi penawaran tembakau di Kabupaten Klaten.

            Dari hasil uji-t diperoleh nilai t hitung dari harga tembakau Vorstenlanden pada tahun sebelumnya (4,45), jumlah produksi tembakau Vorstenlanden pada tahun sebelumnya (2,08) rata-rata jumlah curah hujan pada awal musim tanam (2,32), dan luas areal tanam tembakau Vorstenlanden pada tahun sebelumnya (2,28), dan nilai t tabel 2,228 berarti harga tembakau Vorstenlanden pada tahun sebelumnya (Pt-1), rata-rata jumlah curah hujan pada awal musim tanam (Rt), dan luas areal tanam tembakau Vorstenlanden pada tahun sebelumnya (At-1), berpengaruh nyata pada tingkat kepercayaan 95 %. Sedangkan jumlah produksi tembakau Vorstenlanden pada tahun sebelumnya (Qt-1) tidak berpengaruh nyata pada tingkat kepercayaan 95 %.

            Dari uji standar koefisien regresi parsial dapat disimpulkan bahwa harga tembakau Vorstenlanden pada tahun sebelumnya (Pt-1) paling berpengaruh terhadap variasi perubahan penawaran tembakau di Kabupaten Klaten.

            Berdasarkan analisis elastisitas menunjukkan bahwa penawaran tembakau Vorstenlanden di Kabupaten Klaten bersifat inelastis terhadap variabel harga tembakau Vorstenlanden pada tahun sebelumnya (Pt-1), rata-rata jumlah curah hujan pada awal musim tanam (Rt), dan luas areal tanam tembakau Vorstenlanden pada tahun sebelumnya (At-1), sehingga persen perubahan penawaran lebih kecil daripada persen perubahan variabel tersebut.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Ir. Sugiharti M.H., MP
2. Wiwit Rahayu SP, MP
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian