Penulis Utama : Adi Purwanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Analisis kinerja keuangan untuk memprediksi kebangkrutan pada industri perbankan di Indonesia
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1301002-2003
Subyek : MANAJEMEN KEUANGAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) apakah kinerja keuangan yang diproksikan melalui rasio CAMEL berbeda signifikan antara bank yang sehat dengan bank yang gagal untuk tahun-tahun sebelum terjadi kegagalan, 2) proksi kinerja keuangan mana saja yang dominan mempengaruhi kondisi bank, dan 3) sejauh mana tingkat ketepatan prediksi yang dihasilkan oleh persamaan fungsi diskriminan dalam melihat kegagalan dan keberhasilan suatu bank.

Penelitian dilakukan terhadap 31 perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta yang terdiri dari 11 perusahaan bank yang gagal dan 20 perusahaan bank yang sehat. Perusahaan bank yang gagal diwakili oleh perusahaan bank yang dilikuidasi oleh Pemerintah dan otoritas perbankan pada tanggal 13 Maret 1999, sedangkan perusahaan bank sehat diwakili oleh perusahaan bank lainnya yang tidak ikut dilikuidasi.

Dalam penelitian ini digunakan pengujian normalitas data dengan One Sample Kolmogorov-Smirnov, univariate analysis dengan uji-t, dan multivariate analysis dengan multiple discriminant analysis. Hasil uji normalitas data dari sepuluh rasio keuangan (variabel) dalam penelitian ini menunjukkan bahwa datanya berdistribusi tidak normal, sehingga harus ditransformasi agar berdistribusi normal untuk memenuhi asumsi dasar uji-t dan analisis diskriminan.

Hasil uji-t menunjukkan bahwa rasio keuangan yang signifikan pada a = 5% adalah RORA, ALR, dan LDR untuk periode tiga tahun sebelum gagal, sedangkan pada periode yang berbeda tidak diketemukan satu rasiopun yang signifikan pada a = 5%.

Pengujian diskriminan dengan memakai multiple discriminant analysis menunjukkan bahwa rasio ALR dan ROA merupakan rasio keuangan yang dominan mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan bank untuk periode tiga tahun sebelum terjadi kegagalan, sedangkan pada periode yang berbeda tidak diketemukan satu rasiopun yang dominan mempengaruhi kondisi bank. Persamaan fungsi diskriminan yang dihasilkan yaitu Z= 3,573 + 23,856 ALR – 3,299 ROA. Nilai Z-score untuk bank yang sehat – 0,472, sedangkan bank yang gagal 0,857. Dari hasil klasifikasi kategori bank, ternyata tingkat ketepatan prediksi yang dihasilkan oleh persamaan fungsi diskriminan dalam melihat kegagalan dan keberhasilan suatu bank adalah 80,6%.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis