Penulis Utama : Septi Nur Hanani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Rubrik Sungguh-sungguh terjadi dalam surat kabar harian Kedaulatan Rakyat (suatu tinjauan sosiolinguistik)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Sastra UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Sastra NIM.C.0200051-2005
Subyek : KOMUNIKASI JURNALISTIK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan judul Rubrik “Sungguh-sungguh Terjadi” dalam Surat Kabar Harian Kedaulatan Rakyat (Suatu Tinjauan Sosiolinguistik). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan karakter pemakaian bahasa rubrik SST yang meliputi ragam informal, ragam percakapan, singkatan dan akronim, slang, gaya bahasa yang meliputi hiperbola, repetisi, personifikasi, dan elipsis, idiom, campur kode dan alih kode, interferensi serta mendeskripsikan aspek humor dalam rubrik SST dan mendeskripsikan fungsi rubrik tersebut sebagai karya jurnalistik bagi pembaca (O2) berdasarkan pengamatan.

Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Suwito mengenai sosiolinguistik, teori Pateda mengenai variasi bahasa, teori Kridalaksana tentang ragam bahasa, teori Gorys Keraf mengenai gaya bahasa, teori Soedjatmiko tentang teknik penciptaan humor, teori Effendi mengenai komunikasi dalam jurnalistik, teori lain yang mendukung seperti teori Mustakim mengenai singkatan dan akronim, teori Suwito tentang alih kode, campur kode dan interferensi serta pengertian rubrik menurut Moeliono.

Surat kabar Kedaulatan Rakyat (KR) digunakan sebagai sumber data. Populasinya adalah keseluruhan pemakaian bahasa yang ada dalam rubrik SST, sedangkan sampel yang diambil yaitu wacana dalam rubrik SST selama dua bulan berturut-turut yaitu bulan Maret dan April 2004 kecuali hari libur nasional yang ditentukan dengan purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan tujuan penelitian. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik pustaka yaitu sumber data berasal dari media cetak surat kabar, sedangkan metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode deskriptif yaitu memaparkan fenomena kebahasaan berdasarkan fakta yang ada.

Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa karakter pemakaian bahasa dalam rubrik SST meliputi pemakaian ragam informal, ragam percakapan, singkatan dan akronim, pemanfaatan bentuk slang, pemanfaatan gaya bahasa yang terdiri dari gaya bahasa hiperbola, repetisi, personifikasi, elipsis, pemakaian bentuk idiom, campur kode, alih kode serta interferensi.

Karakter pemakaian bahasa dalam rubrik SST telah didapatkan kemudian dilanjutkan dengan aspek humor yang ada dalam rubrik SST dan fungsi rubrik tersebut sebagai karya jurnalistik. Aspek humor dapat diketahui dengan beberapa teknik antara lain dengan teknik keambiguan, teknik pertentangan makna, teknik logika yang terdiri atas penyimpangan logika angka, penyimpangan logika bahasa, penyimpangan logika makna, dan teknik membandingkan yang tidak logis, sedangkan fungsi rubrik SST sebagai karya jurnalistik meliputi sarana menghibur, sarana menyampaikan informasi, sarana mendidik, dan sarana mempengaruhi masyarakat sebagai pembaca (O2).

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Kunardi Hardjoprawiro, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa