Penulis Utama : Heri Supriyadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Dimensi religius dalam Serat Sabda Jati karya R.Ng Ranggawarsita (suatu tinjauan sosiologi sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Sastra UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Sastra NIM.C.0100027-2005
Subyek : KESUSASTRAAN JAWA-PENELITIAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Alasan yang melatarbelakangi penulisan ini adalah (1) karena Serat Sabda Jati belum pernah diteliti dan dikerjakan secara sastra, (2) Serat Sabda Jati menarik untuk diteliti karena didalamnya mengandung ajaran-ajaran hidup yang dapat dijadikan pedoman atau tuntutan hidup, (3) keunggulan Ranggawarsita dalam meramalkan masa yang akan datang dan dalam menciptakan serat atau naskah tembang yang memiliki keunggulan dan ciri khas tersendiri dibanding dengan yang lainnya.

Rumusan masalah dalam penulisan ini adalah (1) bagaimana struktur Serat Sabda Jati yang berbentuk tembang macapat yang meliputi tema, amanat, gaya bahasa dan unsur musical, (2) bagaimana bentuk religius yang terdapat didalam Serat Sabda Jati, (3) bagaimana religius masyarakat Jawa didalam Serat Sabda Jati serta bagaimana manfaat Serat Sabda Jati dengan kehidupan sekarang.

Bertolak dari rumusan masalah maka tujuan penulisan atau penelitian terhadap Serat Sabda Jati ini adalah (1) mendeskripsikan struktur Serat Sabda Jati yang berbentuk tembang macapat yang meliputi tema, amanat, gaya bahasa dan unsur musical, (2) menemukan dan mendeskripsikan bentuk religius yang terdapat dalam Serat Sabda Jati, (3) menemukan dan mendeskripsikan religius masyarakat Jawa didalam Serat Sabda Jati serta menemukan dan mendeskripsikan manfaat Serat Sabda Jati dengan kehidupan sekarang.

Manfaat dari penelitian Serat Sabda Jati ini (1) manfaat teoritis yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah untuk membantu mengembangkan wawasan sastra dalam khasanah penelitian sastra dan dalam memperkaya penggunaan teori-teori sastra, khususnya sastra Jawa, (2) manfaat praktis yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah untuk memperkaya wawasan sastra atau hal-hal yang terungkap melalui karya sastra dan dapat dijadikan pedoman untuk penelitian selanjutnya serta sebagai sumber informasi bagi pembaca.

Metode penelitian yang digunakan dalam Serat Sabda Jati ini adalah dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang berbentuk deskriptif. Sumber data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah Serat Sabda Jati karya Ranggawarsita yang terdapat dalam bendel naskah koleksi Museum Radya Pustaka Surakarta yang telah dikerjakan secara filologis oleh Tri Harjanto seorang Mahasiswa Sastra Daerah Fakultas Sastra Universitas Sebelas Maret Surakarta tahun 1998 yang telah menghasilkan transliterasi dan terjemahan naskah. Data dalam penelitian ini meliputi data primer dan sekunder. Data primernya adalah isi yang meliputi struktur dan aspek-aspek yang termuat dalam Serat Sabda Jati (SSJ) mengacu pada hasil penelitian secara filologis terhadap SSJ yang telah dikerjakan oleh Tri Harjanto seorang Mahasiswa Sastra Daerah UNS dalam skripsinya yang berjudu; “Serat Sabda Jati (Suatu Tinjauan Filologis)” pada tahun 1988. Data sekundernya diambil dari dokumen dalam bentuk buku yang relevan digunakan untuk referensi atau acuan, selain itu juga arsip dokumen hasil wawancara sebagai informasi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik analisis isi (content analysis) dan teknik wawancara. Sedangkan teknik analisis dilakukan dengan analisis interaktif.

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) struktur SSj meliputi tema, amanat, unsur musikal dan gaya bahasa atau pepindhan, (2) SSJ mengungkapkan tentang dimensi religius yaitu tentang bentuk religius SSJ itu sendiri serta religius masyarakat Jawa, (3) manusia yang utama adalah manusia yang dapat menguasai dan mengendalikan segala hawa nafsu dan mendekatkan diri kepada Tuhannya. Ajaran religius dalam SSJ masih sangat besar dan relevan manfaatnya untuk diterapkan pada masa kehidupan sekarang.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Endang Siti Saparinah, M.S
2. Drs. Sis Wahono Basuki, M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa