Penulis Utama : Indah Rochmawati Ayu Ningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Hubungan antara persepsi mahasiswa tentang atribut kartu SIM prabayar gengan kartu SIM prabayar yang dimilikinya (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0200062-2005
Subyek : MONETER
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Hal yang sangat penting dalam suatu proses pembelian suatu barang oleh konsumen adalah motivasi, persepsi, pengetahuan, dan sikap. Konsumen dapat membentuk persepsi yang berbeda dari rangsangan yang sama. Keberagaman persepsi konsumen tentang suatu produk cenderung dipengaruhi oleh beberapa variabel, diantaranya kategori produk, tujuan membeli produk, diskon yang diharapkan konsumen, merek produk dan perusahaan penghasil produk. Demikian pula untuk teknologi komunikasi, khususnya telepon seluler yang merupakan kebutuhan mendasar saat ini, kebutuhan ini akan menyebabkan timbulnya penilai dan sikap yang berbeda terhadap atribut-atribut yang dimiliki oleh produk kartu SIM pra bayar yang dibelinya. Penyedia layanan ponsel terbesar di Indonesia adalah PT Telkom dengan bendera Telkomsel, PT Indosat melalui anak perusahaannya Satelindo dan juga PT Exelcomindo Pratama, maka untuk mempermudah proses penelitian sampel hanya dibatas pada para pengguna kartu SIM prabayar SimPATI dari Telkomsel, Mentari dari Indosat Satelindo, dan Pro-XL dari Exelcom. Dan karena keterbatasan yang dimiliki oleh peneliti dalam mensurvei pembelian kartu SIM prabayar, maka penelitian ini hanya dibatasi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oleh karena tersebut diatas penulis tertarik untuk mengadakan penelitian mengenai tanggapan konsumen pemakai kartu SIM pra bayar dengan judul “ Hubungan Antara Persepsi Mahasiswa Tentang Atribut Kartu SIM Pra Bayar Dengan Kartu SIM Pra Bayar Yang Dimiliki.(Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta”.

Penelitian ini untuk menjawab beberapa masalah yaitu : “Apakah terdapat hubungan antara persepsi mahasiswa tentang atribut kartu SIM pra bayar, yaitu harga, jaringan, fasilitas, dan tarif dengan kartu SIM pra bayar yang dimiliki yaitu kartu SIM SimPati, Mentari dan ProXL?” serta “Hubungan manakah yang paling erat antara persepsi mahasiswa tentang atribut kartu SIM pra bayar dengan kartu SIM pra bayar  yang dimilikinya?” Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui apakah persepsi mahasiswa tentang atribut kartu SIM pra bayar, yaitu harga, jaringan, fasilitas, dan tarif benar-benar berhubungan dengan kartu SIM pra bayar yang dimiliki oleh mahasiswa FE UNS yaitu kartu SIM SimPati, Mentari dan ProXL, serta untuk mengetahui derajat hubungan yang paling dominan dari variabel-variabel tersebut. Untuk itu perlu disusun hipotesis yaitu : “Ada hubungan yang signifikan antara persepsi mahasiswa tentang atribut kartu SIM pra bayar dengan kartu SIM pra bayar yang dimiliki.”dan “Hubungan yang paling erat antara persepsi mahasiswa tentang atribut kartu SIM pra bayar dengan kartu SIM pra bayar yang dimilikinya adalah hubungan antara persepsi mahasiswa tentang tarif dengan kartu SIM pra bayar yang dimiliki”

Target populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta pemakai kartu SIM SimPATI, Mentari dan Pro-XL dan menganbil responden 100 orang dengan metode purposive sampling (pemilihan sampel bertujuan). Alat analisis yang digunakan adalah analisis Chi-Square untuk mengetahui hubungan antara persepsi konsumen tentang atribut kartu SIM pra bayar dengan kartu SIM pra bayar yang dimilikinya, serta coefficient contingency untuk mengetahui hubungan yang paling erat antara persepsi mahasiswa tentang atribut kartu SIM pra bayar dengan kartu SIM pra bayar yang dimilikinya.

Dari 100 orang konsumen kartu SIM pra bayar yaitu mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta, dapat diketahui bahwa 40 orang pemakai kartu SIM Mentari,  36 orang pemakai kartu SIM Simpati, dan 24 orang pemakai kartu SIM Pro-XL. Dan terdapat hubungan antara persepsi mahasiswa tentang atribut harga dengan kartu SIM pra bayar yang dimiliki, hubungan antara persepsi mahasiswa tentang atribut jaringan dengan kartu SIM pra bayar yang dimiliki, hubungan antara persepsi mahasiswa tentang atribut fasilitas dengan kartu SIM pra bayar yang dimiliki, serta hubungan persepsi mahasiswa tentang atribut tarif dengan kartu SIM pra bayar yang dimiliki. Dari variabel-variabel yang berhubungan dapat diketahui bahwa hubungan antara kartu SIM prabayar dengan persepsi tentang atribut jaringan adalah yang paling erat.

Saran yang dapat dikemukakan dalam penelitian ini adalah karena terdapat hubungan antara persepsi tentang atribut kartu SIM pra bayar yaitu harga, jaringan, fasilitas dan tarif dengan kartu SIM pra bayar yang dimiliki oleh konsumen, maka produsen operator penyedia layanan seluler wajib memperhatikan atribut harga, jaringan, fasilitas dan tarif dalam hal peningkatan kualitas layanan dan kuantitas pelanggannya. Dan karena hubungan yang paling erat adalah kartu ponsel dengan persepsi konsumen tentang atribut jaringan , maka keseluruhan operator yang ada Indonesia di harapkan untuk sangat memperhatikan masalah jaringan. Baik secara kuantitas maupun kualitas, yaitu dengan mengadakan penambahan coverage serta meningkatkan kualitas jaringan yang sudah ada. Penambahan coverage, dapat pula dilakukan dengan penerapan strategi modernisasi jaringan yang sudah ada.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis