Penulis Utama : Brury Jatmiko
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis pengaruh kebisingan, temperatur dan pencahayaan terhadap produktivitas kerja pengeleman amplop secara manual
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik NIM.I0300018-2005
Subyek : PRODUKTIVITAS KERJA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Lingkungan kerja seperti kebisingan, temperatur dan pencahayaan yang sesuai dengan kondisi manusia sebagai pekerja akan mendukung kinerja dan produktivitas kerja yang dihasilkan. Suara yang bising, temperatur yang panas dan pencahayaan yang kurang di dalam tempat kerja merupakan salah satu sumber yang mengakibatkan tekanan kerja, penurunan produktivitas kerja dan dapat menyebabkan penyakit. Pada penelitian ini akan mengukur besarnya tingkat kebisingan (60dB, 77dB, 80dB), temperatur (18°C, 24°C, 34°C) dan pencahayaan (155lux, 200lux, 300lux) yang mempunyai pengaruh optimal terhadap produktivitas kerja pengeleman amplop secara manual.

Analisis yang digunakan adalah metode desain eksperimen faktorial untuk menentukan faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap produktivitas pengeleman amplop secara manual. Selain itu juga digunakan metode response surface untuk mendapatkan pendekatan model produktivitas pengeleman amplop secara manual sebagai fungsi dari faktor-faktor tersebut, sehingga dapat diperoleh kondisi keseluruhan yang paling optimal.

Sesuai dengan analisa hasil eksperimen, dapat disimpulkan bahwa faktor yang berpengaruh signifikan terhadap produktivitas pengeleman amplop secara manual adalah kebisingan dan temperatur, sedangkan faktor pencahayaan (155lux, 200lux, 300lux) tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap produktivitas pengeleman amplop secara manual. Kondisi optimal untuk mendapatkan produktivitas maksimal adalah kebisingan sebesar 63,49dB dan temperatur sebesar 26,79°C. Dengan kondisi optimal tersebut meningkatkan angka produktivitas dari 2,50 amplop/menit menjadi 2,86 amplop/menit.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik