Penulis Utama : Jatmiko
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi sikap terhadap program perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja pada karyawan bagian produksi PT. Adetex Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi -2005
Subyek : KESELAMATAN KERJA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini mencoba menjelaskan bahwa variabel umur, jenis kelamin, masa kerja dan tingkat pendidikan dapat mempengaruhi sikap terhadap program perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel umur, jenis kelamin, masa kerja dan tingkat pendidikan tersebut dapat mempengaruhi sikap karyawan terhadap program keselamatan dan kesehatan kerja.

Manfaat penelitian ini bagi perusahaan yaitu dapat memberikan sumbangan pemikiran di dalam pengambilan keputusan mengenai masalah personalia yang sedang dihadapi dan memberikan masukan bagi perusahaan dalam hal penyelenggaraan program perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja. Penelitian ini dilaksanakan di PT. ADETEX yang beralamat di jalan raya Teras – Boyolali, Ds. Randusari, Kec. Teras, Kab. Boyolali. Dalam penelitian ini populasinya adalah karyawan bagian produksi sebanyak 1176 karyawan.

Hipotesis penelitian ini bahwa diduga variabel umur, jenis kelamin, masa kerja dan tingkat pendidikan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap sikap dan variabel tingkat pendidikan mempunyai pengaruh yang paling signifikan (besar) terhadap sikap karyawan.

Untuk mengetahui seberapa cermat validitas kuesioner yang diberikan kepada responden digunakan rumus korelasi product moment. Sedangkan untuk mengetahui sejauh mana hasil pengukurannya dapat dipercaya (konsisten) dengan menggunakan tehnik Alpha Cronsbach.

Untuk menjawab hipotesis yang diajukan dengan menggunakan metode regresi linier berganda, untuk mengetahui pengaruh secara parsial digunakan alat uji t (t tes), untuk mengetahui pengaruhnya secara serempak dengan digunakan alat uji F (F tes), sedangkan untuk menguji seberapa baik regresi menjelaskan observasi digunakan alat uji R2 ( R square).

Dari hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa variabel umur, jenis kelamin, masa kerja dan tingkat pendidikan dapat mempengaruhi sikap sebesar 0,37399 (umur); 3,994776 (jenis kelamin); 0,83729 (masa kerja); 1,743289 (tingkat pendidikan). Dan variabel tingkat pendidikan adalah yang mempunyai pengaruh paling besar (signifikan) terhadap sikap karyawan pada pelaksanaan program perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja. Sehingga hipotesis awal yang menyatakan bahwa variabel tingkat pendidikan adalah yang mempunyai pengaruh paling signifikan terhadap sikap karyawan pada pelaksanaan program perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja di PT. ADETEX dapat diterima.

Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan perusahaan. Pertama pada saat memberikan pembinaan dan pelatihan karyawan harus berdasarkan pada tingkat pendidikan, hal ini berkaitan erat dengan tehnologi yang dipakai. Kedua dalam membuat peraturan mengenai program perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja perusahaan harus memperhatikan kepentingan karyawan, khususnya karyawati
File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis