Penulis Utama : Rina Fitriyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Analisis rasio likuiditas, solvabilitas, dan rentabilitas pada PT. Sari Husada Tbk. per 1996-2000
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3300204-2003
Subyek : MANAJEMEN KEUANGAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

PT Sari Husada Tbk adalah produsen makanan dan minuman bergizi bagi bayi, anak, dan orang dewasa. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1954 oleh Pemerintah Indonesia yang bekerjasama dengan PBB dengan nama NV Saridele, yang kemudian mulai tanggal 8 Mei 1972 namanya telah diubah menjadi PT Sari Husada. PT Sari Husada Tbk berkedudukan di Yogyakarta, dengan kantor pusat dan pabrik terletak di Jalan Kusumanegara Tromolpos 37, Yogyakarta. Sedangkan fasilitas pengepakan dan gudang terletak di Klaten, Jawa Tengah.

Bahan baku yang digunakan dalam berproduksi adalah Skim Milk Powder yang kebanyakan diimpor dari New Zealand. Namun, untuk mengatasi kekurangan bahan baku yang pokok tersebut, perusahaan mulai membeli susu segar dari KUD, baik yang ada di DIY maupun di luar DIY. Produk yang dihasilkan perusahaan terbagi menjadi dua bagian yaitu produk sendiri dan produk lisensi yang diproduksi oleh PT Sugizindo anak perusahaan PT Sari Husada Tbk. Pada tahun 1997, krisis moneter mulai melanda Indonesia, hampir seluruh perusahaan terkena imbasnya. Bahkan tidak sedikit yang mengalami kebangkrutan dan dilikuidasi. Dari permasalahan tersebut, penulis ingin menganalisis kondisi keuangan PT Sari Husada Tbk dengan menggunakan alat analisis rasio Likuiditas, Solvabilitas, dan Rentabilitas. Penulis ingin mengetahui perkembangan kondisi keuangan perusahaan dari tahun 1996, tahun sebelum adanya krisis sampai dengan tahun 2000.

Dilihat dari hasil analisis yang telah dilakukan penulis, dapat disimpulkan bahwa pada tahun 1996 dan 1997 perusahaan dalam keadaan illikuid. Untuk memperbaiki keadaan tersebut, perusaan telah menambah modal sendiri yang digunkan untuk melunasi utang jangka pendek, sehingga mulai tahun 1998 sampai tahun 2000 perusahaan dalam keadaan likuid. Sedangkan pertumbuhan tingkat Solvabilitas perusahaan dari tahun 1996 sampai tahun 2000 menunjukkan adanya peningkatan. Selama lima tahun tersebut perusahaan dalam keadaan Solvabel, karena hanya sebagian kecil saja aktiva perusahaan yang dibiayai dari utang. Dari hasil analisis Rentabilitas, mulai dari tahun 1996 sampai dengan 2000 perusahaan dalam keadaan Rendabel. Hal ini menunjukkan bahwa selama lima tahun tersebut perusahaan mampu menghasilkan laba dengan modal yang dimiliki. Bahkan pada tahun 1998 dimana krisis moneter semakin parah, perusahaan masih mampu menghasilkan laba meskipun mengalami penurunan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. M. Agung Prabowo, Ak
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis