Penulis Utama : Ivanna Yuliastuti Subanu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Evaluasi sistem informasi akuntansi penjualan penggajian dan pengupahan (studi kasus pada PT Fajar Mulia Pradipta Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0344007-2003
Subyek : SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Sistem Informasi Akuntansi (SIA) merupakan kumpulan sumber daya seperti manusia dan peralatan yang diatur untuk mengubah data menjadi informasi dan dikomunikasikan kepada beragam pengambil keputusan. SIA mewujudkan perubahan data menjadi informasi tersebut baik secara manual atau terkomputerisasi. Penulis merasa tertarik untuk melakukan penelitian ini karena SIA penjualan baik penjualan tunai maupun kredit dan penggajian/pengupahan adalah bagian dari siklus pendapatan dan pengeluaran yang merupakan dua siklus terpenting dalam suatu perusahaan karena laba perusahaan dapat diketahui dengan adanya siklus tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan, Penggajian dan Pengupahan di PT Fajar Mulia Pradipta. Perusahaan yang berlokasi di Surakarta ini adalah perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang industri pengecoran dan kerajinan logam yang sebagian besar produknya sudah dipasarkan secara ekspor.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Sumber data yang digunakan adalah data primer berupa gambaran umum perusahaan, dokumen perusahaan, bukti transaksi dan juga SIA penjualan dan penggajian/pengupahan perusahaan. Analisis data yang dilakukan adalah dengan evaluasi yaitu membandingkan kenyataan yang ada di perusahaan dengan teori yang ada dan hasilnya diharapkan dapat memperbaiki kelemahan yang ada di perusahaan tersebut.

            Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perangkapan fungsi di beberapa bagian dalam sistem penjualan dan penggajian/pengupahan di PT Fajar Mulia Pradipta, kurang lengkapnya dokumen pendukung transaksi dan struktur organisasi yang tidak memenuhi kebutuhan perusahaan.

            Bagian akhir penelitian ini, penulis memberikan kesimpulan dan saran berupa rekomendasi perbaikan flowchart, rekomendasi dokumen dan rekomendasi struktur organisasi.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Setianingtyas Honggowati, MM.,Ak.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis