Penulis Utama : Ratna Wulansari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Analisis pragmatik bentuk bahasa penolakan di kos mahasiswa (penelitian di Kos Purbo Gendingan Jebres Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0297050-2003
Subyek : BAHASA-PENELITIAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini mengangkat bentuk bahasa penolakan di Kos Purbo. Adapun hal-hal yang diteliti adalah mengenai (1) bentuk bahasa penolakan apa saja yang terdapat di Kos Purbo; (2) faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi bentuk bahasa penolakan di Kos Purbo; (3) pelaksanaan terhadap prinsip kerjasama dan prinsip kesopanan. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Analisis untuk mendeskripsikan faktor linguistik dan nonlinguistik bentuk bahasa penolakan ini adalah analisis pragmatik.

Penelitian ini menggunakan sumber data lapangan. Data-data diperoleh setelah penulis mengadakan observasi dan terlibat langsung dengan objek penelitian yaitu dengan tinggal di Kos Purbo. Sumber data pada penelitian yaitu para penghuni Kos Purbo dan data yang penulis peroleh berupa tuturan dalam bentuk bahasa penolakan.

Hasil akhir yang penulis peroleh berdasarkan penelitian ini adalah, (A) Bentuk bahasa penolakan yang terdapat di Kos Purbo ada 7 kategori yaitu (1) penolakan dengan menggunakan kata tidak atau padanannya, nggak, ndak, dan jangan; (2) penolakan dengan menggunakan alasan; (3) penolakan dengan menggunakan syarat atau kondisi; (4) penolakan dengan menggunakan usul, komentar, atau pilihan; penolakan ini bersifat konstruktif karena memberikan alternatif bagi pengajak; (5) penolakan dengan menggunakan ucapan terima kasih; (6) penolakan dengan menggunakan komentar; (7) penolakan dengan menggunakan isyarat non verbal termasuk gelengan kepala, diam, dan dengan menggunakan isyarat tangan. (B) Faktor-faktor yang mempengaruhi bentuk ungkapan penolakan di Kos Purbo yaitu (1) Situasi pada saat tuturan berlangsung, yaitu pada saat tuturan berlangsung penutur (orang yang menuturkan penolakan) dapat melakukan apa yang ajakan atau tawaran lawan tuturnya atau tidak mungkin untuk melakukan ajakan atau permintaan lawan tuturnya; (2) Kondisi penutur (orang yang menuturkan penolakan) pada saat menuturkan sedang bergurau atau serius. (3) Keakraban antara penutur (orang yang menuturkan penolakan) dan lawan tutur (orang yang menawarkan, mengajak atau meminta).

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. FX. Sawardi, M. Hum
2. Prof. Dr. Kunardi Hardjoprawiro, M. Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa