Penulis Utama : Khrisna Kurniawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis motivasi dan kepuasan kerja perempuan pekrja pada industri tekstil di Kodya Surakarta (studi kasus : PT. Asatex, PT. Triangga Dewi, PT. Dan Liris)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0300035-2005
Subyek : BURUH DAN PERBURUHAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Adanya tuntutan mencari nafkah tambahan dalam menghidupi keluarga, mengakibatkan perempuan memiliki peran ganda dalam lingkungan keluarganya, yaitu sebagai istri/ibu dan sebagai pencari nafkah tambahan. Di lingkungan pabrik, perempuan pekerja dianggap sudah cukup bahagia dengan kesempatan kerja yang diperolehnya, sehingga mereka menjadi pekerja yang paling mudah diatur dan tidak banyak menuntut. Sebagai akibatnya muncul fenomena eksploitasi terhadap perempuan pekerja yang akan merugikan pekerja maupun perusahaan. Untuk itu, diperlukan pengelolaan sumber daya perempuan pekerja yang baik yang tentu saja akan dapat mengoptimalkan produktivitas kerjanya. Hal ini dapat dilakukan dengan memberi perhatian pada masalah motivasi dan kepuasan kerja.

Penentuan motivasi kerja dengan menggunakan metode Job Diagnostic Survey (JDS), sedangkan penentuan kepuasan kerja menggunakan metode Minnesota Satisfaction Questionnaire (MSQ). Untuk menentukan urutan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap motivasi dan kepuasan kerja dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda.

Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa nilai motivasi kerja perempuan pekerja di PT. Asatex sebesar 148,18; PT. Triangga Dewi sebesar 143,89; PT. Dan Liris sebesar 146,929. Sedangkan nilai kepuasan kerja perempuan pekerja di di PT. Asatex sebesar 65,37; PT. Triangga Dewi sebesar 65,22; PT. Dan Liris sebesar 64,36. Untuk motivasi kerja, faktor yang paling berpengaruh adalah variabel otonomi. Sedangkan untuk kepuasan kerja, faktor yang paling berpengaruh adalah penggunaan kemampuan.

Untuk meningkatkan motivasi dan kepuasan kerja perempuan bisa pekerja dilakukan dengan memberikan memberikan job description yang jelas, batas-batas wewenang dan tanggung jawab yang jelas sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing tugas, menjaga hubungan baik antara pihak atasan dengan bawahan, dan melakukan penilaian secara terbuka dan obyektif kepada masing-masing pekerja.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis