Penulis Utama : Novika Maya Khusna
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Model supply demand komoditi kedelai di Kabupaten Grobogan denga metode regresi simultan 2SLS
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik NIM.I0300037-2005
Subyek : KEDELAI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Kedelai merupakan salah satu produk andalan Kabupaten Grobogan. Produk andalan adalah produk yang banyak diusahakan oleh masyarakat setempat daerah tertentu dan memiliki prospek pasar yang cerah. Pada tahun 2003 produksi kedelai Kabupaten Grobogan paling banyak di Jawa Tengah, akan tetapi selama ini masih tergantung pada kedelai impor pada saat terjadi kekurangan. Hal ini diakibatkan produksi kedelai di wilayah sangat fluktuatif dan demand kedelai cenderung mengalami peningkatan. Adanya ketimpangan supply dan demand kedelai ini, memerlukan analisis dengan membuat model supply dan demand kedelai untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhinya. Model supply dan demand kedelai digunakan untuk memprediksi kondisi supply dan demand kedelai selama 10 tahun mendatang (tahun 2004 sampai dengan 2013).

Model supply dan demand kedelai dipengaruhi oleh faktor endogen dan faktor eksogen. Faktor endogen adalah faktor yang mempengaruhi model supply dan demand kedelai secara langsung. Faktor eksogen adalah faktor yang mempengaruhi model supply dan demand kedelai secara tidak langsung. Faktor endogen yang mempengaruhi model supply kedelai adalah produktivitas dan luas lahan panen. Faktor eksogen yang mempengaruhi supply adalah luas lahan intensifikasi, luas sawah dan luas sawah tadah hujan. Faktor endogen yang mempengaruhi model demand kedelai adalah jumlah penduduk, pendapatan dan harga kedelai lokal. Faktor eksogen yang mempengaruhi model demand kedelai adalah tingkat kelahiran, tingkat kematian, harga kedelai impor, jumlah penduduk yang bekerja dan laju pertumbuhan penduduk. Keseluruhan faktor diuji secara statistik sehingga faktor yang mempengaruhi model supply dan demand kedelai diketahui. Analisis model supply dan demand menggunakan model regresi simultan 2SLS.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model supply kedelai, yaitu Sked (t) = 0,0888 + 1,141634 X2(t) + E dan model demand kedelai adalah Dked (t) = 0,009708 + 0,096410 X1(t) + 0,316709 X5(t) + E. Faktor yang mempengaruhi supply kedelai adalah luas lahan panen. Faktor yang mempengaruhi demand kedelai secara signifikan adalah harga kedelai lokal dan pendapatan per kapita. Faktor yang mempengaruhi luas lahan panen secara signifikan adalah luas sawah tadah hujan. Faktor yang mempengaruhi pendapatan secara signifikan adalah jumlah penduduk yang bekerja. Faktor yang mempengaruhi harga kedelai lokal secara signifikan adalah harga kedelai impor. Hasil proyeksi supply dan demand kedelai untuk sepuluh tahun mendatang terjadi kekurangan kedelai pada tahun 2004, 2007, 2010 dan 2013.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Azizah Aisyati, ST, MT
2. Fakhrina Fahma, STP, MT
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik