Penulis Utama : Desi Royani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi siswa dalam memilih lembaga pendidikan bahasa inggris di LBPP-Lia Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0201005-2005
Subyek : PERILAKU KONSUMEN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya minat dari masyarakat untuk mengikuti pendidikan bahasa Inggris sebagai tuntutan keahlian serta keterampilan dari sumber daya manusia Indonesia sehingga mampu bersaing dengan negara lain untuk menghadapi era globalisasi. Dalam penelitian ini penulis mencoba untuk mencari jawaban dari beberapa masalah sebagai berikut :1). Faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi siswa dalam mengambil keputusan memilih lembaga pendidikan bahasa Inggris di LBPP-LIA Surakarta, 2). Faktor-faktor manakah yang mempunyai peranan penting dalam mempengaruhi siswa memilih lembaga pendidikan bahasa Inggris di LBPP- LIA Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi siswa dalam memilih lembaga pendidikan bahasa Inggris di LBPP-LIA Surakarta.

Berdasarkan tujuan diatas, maka target populasinya adalah siswa yang mengikuti pendidikan bahasa Inggris di LBPP-LIA Surakarta. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebar kuesioner pada 100 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel menggunakan metode pengambilan sampel secara proporsional (proporsional stratified sampling) yaitu pengambilan sampel secara proporsional di dalam populasi yang telah dikelompokkan berdasarkan tingkatan secara acak, dimana sub kelompok tertentu dipilih untuk menjamin bahwa masing – masing kelompok terwakili.. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif yang menggunakan teknik analisis faktor.

Hasil penelitian dari 25 variabel yang diuji dengan analisis faktor terhadap para konsumen, maka didapat pengelompokan variabel menjadi 7 faktor baru. Faktor 1 adalah faktor produk dan lokasi yang terdiri dari variabel program studi, nama / merk, fasilitas fisik, mutu staf pengajar, perpustakaan, performance lulusan, dan lokasi, faktor 2 adalah faktor motivasi dan pengaruh teman yang terdiri dari variabel pengaruh teman, kebutuhan siswa, keinginan siswa, serta harapan siswa, faktor 3 adalah faktor personal traits dan proses yang terdiri dari variabel pimpinan / supervisor, layanan karyawan, mekanisme pelayanan, dan peraturan – peraturan, faktor 4 adalah faktor physical evidence yang terdiri dari variabel keadaan gedung, desain fasilitas, dan keadaan lingkungan, faktor 5 adalah faktor harga dan pengaruh keluarga yang terdiri dari variabel dana / biaya, persyaratan pembayaran dan pengaruh keluarga, faktor 6 adalah faktor kelas sosial yang terdiri dari variabel tingkat pendapatan dan prestise, dan yang terakhir faktor 7 adalah faktor promosi terdiri dari variabel publikasi dan komunikasi. Penentuan jumlah akhir faktor didasarkan pada nilai eigenvalue dari tiap faktor. Faktor yang diterima adalah faktor yang memiliki nilai eigenvalue sama dengan atau lebih besar dari satu.

Berdasarkan hasil tersebut, faktor produk dan lokasi merupakan faktor yang menduduki rangking teratas yang mempengaruhi siswa memilih lembaga pendidikan bahasa Inggris di LBPP-LIA Surakarta. Maka disarankan pada pihak LBPP-LIA untuk lebih memperhatikan faktor ini yaitu dengan mempertahankan bahkan lebih meningkatkan kualitas atau mutu dari pada produk yang ditawarkan untuk dapat menarik calon siswanya, serta jika LBPP-LIA ingin mengembangkan atau membuat cabang baru di Surakarta disarankan untuk lebih memilih lokasi yang lebih strategis dan nyaman untuk kegiatan belajar mengajar.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis