Penulis Utama : Henky Effendi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Pemanfaatan standar biaya bahan baku sebagai sarana perencanaan dan pengendalian pemakaian biaya bahan baku (studi kasus pada PT. Air Mancur di Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1302064-2005
Subyek : MANAJEMEN PRODUKSI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah standar biaya bahan baku yang ditetapkan perusahaan untuk tahun 2002 sudah tepat, (2) apakah pemakaian biaya bahan baku yang terjadi di perusahaan pada tahun 2002 sudah efisien. Penelitian dilakukan di perusahaan jamu PT. Air Mancur di Surakarta untuk periode 1998 sampai dengan 2002.

Data yang diteliti adalah data standar biaya bahan baku dan data biaya bahan baku yang sesungguhnya terjadi pada perusahaan jamu PT. Air Mancur di Surakarta. Untuk menjawab permasalahan pertama, langkah yang ditempuh yaitu dengan menentukan standar kuantitas bahan baku dan standar harga bahan baku dengan menggunakan rata-rata biaya bahan baku pada periode yang lalu. Sedangkan untuk menentukan besarnya biaya bahan baku dilakukan dengan cara mengalikan standar kuantitas bahan baku dengan standar harga bahan baku. Setelah besarnya biaya bahan baku diketahui langkah berikutnya adalah menghitung realisasi biaya bahan baku yang terjadi di perusahaan pada beberapa periode sebelumnya. Kemudian menghitung selisih biaya bahan baku antara biaya bahan baku menurut standar perusahaan dengan realisasi biaya bahan baku yang terjadi di perusahaan pada beberapa periode sebelumnya dan biaya bahan baku menurut standar penulis dengan realisasi biaya bahan baku yang terjadi di perusahaan pada beberapa periode sebelumnya. Langkah yang terakhir adalah membandingkan antara selisih biaya bahan baku dari standar yang ditetapkan oleh perusahaan dengan selisih biaya bahan baku yang diperoleh dari standar yang ditetapkan oleh penulis.Hasil analisis data menunjukkan standar biaya bahan baku yang ditetapkan oleh perusahaan jamu PT. Air Mancur di Surakarta kurang tepat. Karena selisih biaya bahan baku dari standar yang ditetapkan oleh perusahaan lebih besar jika dibandingkan dengan selisih biaya bahan baku yang menggunakan standar yang ditetapkan oleh penulis. Untuk menjawab permasalah kedua, dilakukan dengan cara membandingkan antara biaya bahan baku yang distandarkan dengan biaya bahan baku yang sesungguhnya terjadi di perusahaan. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil yang menunjukkan pemakaian biaya bahan baku yang terjadi di perusahaan kurang efisien, baik berdasarkan standar yang ditetapkan oleh perusahaan maupun standar yang ditetapkan oleh penulis.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Agus Widodo, SE, MSi, Ak
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis