Penulis Utama : Nanang Priyo Sambodo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian pada Toko Sports Station Malioboro Mall Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1203152-2005
Subyek : PERILAKU KONSUMEN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Dalam usaha bidang pertokoan, perilaku konsumen merupakan masalah yang sangat penting guna mempertahankan kelangsungan hidup usahanya, karena dengan memahami perilaku konsumen akan diperoleh beberapa petunjuk yaitu bagaimana cara memenuhi selera pembeli yang merupakan landasan bagi keberhasilan pemasaran. Konsumen dalam mendapatkan barang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya selalu memperhatikan beberapa faktor-faktor yang mempengaruhinya yaitu antara lain mengenai kualitas produk, harga yang ditawarkan, lokasi yang setrategis dan mudah dijangkau serta pelayanan yang memuaskan. Penelitian dengan judul “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengruhi Keputusan Konsumen Dalam Melakukan Pembelian Pada Toko Sports Station Malioboro Mall Yogyakarta” bertujuan (1) Untuk mengetahui apakah faktor produk, harga, lokasi dan pelayanan secara parsial menpunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian pada Toko Sports Station. (2) Untuk mengetahui apakah faktor produk, harga, lokasi dan pelayanan secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang positif terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian pada Toko Sports Station. (3) Untuk mengetahui faktor mana yang paling dominan mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembalian pada Toko Sports Station. Sedangkan hipotesis dalam penelitian ini adalah (1) Diduga bahwa faktor produk, harga, lokasi dan pelayanan secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian pada Toko Sports Station. (2) Diduga bahwa faktor produk, harga, lokasi dan pelayanan secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang positif terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian pada Toko Sports Station. (3) Diduga bahwa faktor produk mempunyai pengaruh paling dominan pada konsumen dalam melakukan pembelian di Toko Sports Station.

Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian di Toko Sports Station. Sedangkan jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel adalah non probability sampling dengan type purposive sampling. Purposive sampling adalah metode penentuan sampel yang didasarkan pada ciri-ciri atau sifat-sifat tertentu yang dipandang mempunyai sangkut paut yang erat dengan ciri-ciri atau sifat-sifat populasi yang sudah diketahui sebelumnya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah quesioner, wawancara, observasi dan stady pustaka. Sedangakan metode analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif untuk mengetahui gambaran umum tentang responden serta gambaran umum tentang toko dan analisis kuantitatif yang terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linier berganda, uji t, uji F, uji korelasi berganda dan uji koefisien determinasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS 11.

Dari hasil analisis data, pengujian validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen penelitian yang digunakan yaitu quesioner adalah valid dan reliabel. Dari analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan: Y= -3,473 + 0,185 X + 0,112 X + 0,167 X + 0,084 X . Dengan memperhatikan koefisien regresi X , X , X , X semua bernilai positif (+) ini berarti keempat variabel bebas (produk, harga, lokasi dan pelayanan) masing-masing mempunyai pengaruh yang searah dengan variabel terikat (keputusan pembelian). Hasil dari uji t menunjukkan bahwa nilai t hitung produk (4,202), harga (3,325), lokasi (3,302) dan pelayanan (2,562) lebih besar dari nilai t tabel (1,96). Hal ini menunjukkan bahwa masing-masing variabel bebas secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil dari uji F menunjukkan bahwa nilai F hitung (42,377) lebih besar bila dibandingkan dengan nilai F tabel (2,45). Hal ini berarti secara bersama-sama ada pengaruh yang positif antara variabel bebas (produk, harga, lokasi dan pelayanan) terhadap variabel terikat (keputusan pembelian). Dari perhitungan nilai t diketahui bahwa nilai t hitung variabel produk mempunyai nilai terbesar (4,202). Hal ini menunjukkan bahwa variabel produk mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian pada Toko Sports Station. Besarnya nilai korelasi berganda dalam penelitian ini adalah sebesar 0,801. Hal ini menunjukkan bahwa variabel bebas yaitu produk, harga, lokasi dan pelayanan secara simultan mempunyai keeratan hubungan yang sangat kuat terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian pada Toko Sports Station karena nilai korelasi berada pada tingkat hubungan yang sangat kuat. Besarnya koefisien determinasi yang didapat dalam penelitian ini adalah sebesar (0,626). Hal ini berarti 62,6% keputusan pembelian konsumen di Toko Sports Station benar-benar dipengaruhi oleh variabel bebas yaitu variabel produk, harga, lokasi dan pelayanan sedangkan sisanya yaitu sebesar 37,4% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel yang disebutkan dalam penelitian ini.

Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) faktor produk, harga, lokasi dan pelayanan secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian pada Toko Sports Station. (2) faktor produk, harga, lokasi dan pelayanan secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang positif terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian pada Toko Sports Station. (3) faktor produk merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian pada Toko Sports Station. Saran yang diberikan penulis setelah melakukan penelitian ini adalah Toko Sports Station harus mampu merancang dan menerapkan strategi pemasaran dengan baik dan tepat terhadap faktor produk, harga, lokasi dan pelayanan sehingga faktor-faktor tersebut dapat memberikan rangsangan kepada konsumen agar terus melakukan pembelian terhadap produk-produk yang dijual di Toko Sports Station. Dengan demikian upaya untuk mempertahankan dan meningkatkan konsumen untuk melakukan pembelian di Toko Sports Station dapat dicapai.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Wiyono, MM
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis