Penulis Utama : Janti Endang Prahwantiningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Prosedur impor tekstil dan produk tekstil pada PT. Tupai Adyamas Indonesia di Winong Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3102028-2005
Subyek : PERDAGANGAN INTERNASIONAL
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Berbicara mengenai impor, maka secara tidak langsung juga membicarakan mengenai perdagangan internasional termasuk kebijakan baik didalam maupun diluar negeri, karena setiap transaksi perdagangan luar negeri dapat dilihat baik sebagai transaksi ekspor maupun sebagai transaksi impor. Dari segi penjual dilihat sebagai eksportir dan dari segi pembeli disebut sebagai importir.

Tujuan penulisan tugas akhir adalah untuk memperoleh gambaran lebih mendalam dan pemahaman mengenai perjanjian kerjasama impor tekstil yang telah dilaksanakan oleh kedua belah pihak sebagai badan usaha dan dilakukan oleh kedua negara yang memiliki hukum dan aturan yang berbeda disertai dengan proses pengeluaran barang impor dari kawasan pabean.

Metode penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi pustaka. Berdasarkan penelitian, PT. Tupai Adyamas Indonesia telah melaksanakan kegiatan impor dengan cara yang tepat dan terbukti dengan kelancaran proses impornya dari negara Jepang, Hongkong dan Taiwan.

Secara garis besar, prosedur transaksi impor di PT. Tupai Adyamas Indonesia selau importir, adalah sebagai berikut: Korespondensi dengan supplier melalui internet, telepon ataupun fax, Tahap permintaan harga (Inquiry) melalui fax oleh importir, Tahap Penawaran (Offersheet) oleh pihak supplier setelah menerima Inquiry dari importir, Tahap Ordersheet, Tahap Sales Contract, Tahap pengurusan pembayaran menggunakan Telegraphic Transfer (TT) karena lebih efisien waktu dan telah terjalin kepercayaan, Supplier menyiapkan barang dan melaksanakan pengiriman barang disertai dengan dokumen-dokumen ekspornya, Importir mendaftarkan PIB di Bea Cukai yang dilengkapi dengan dokumen yang dipersyaratkan, Importir sendiri atau melalui jasa EMKL/EMKU meminta persetujuan bongkar muat barang kepada Bea Cukai dan mengurus kelengkapan dokumen impornya. Dalam proses pengeluaran barang dari kawasan pabean, PT. Tupai Adyamas Indonesia harus melalui tiga tahap: menyelesaikan pembayaran bea masuk impor dan hal-hal yang menyangkut pungutan lainnya, mengajukan PIB melalui disket dan tahap yang terakhir, melalui media disket maka komputer Pabean secara otomatis akan menetapakan jalur pengeluaran barang. Ada dua cara, yaitu: Jalur Hijau dan Jalur Merah.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis