Penulis Utama : Elis Isnataini Munawwaroh
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Komunikasi antara orang tua dan anak mengenai konsumsi dan periklanan (studi replikasi model chan dan McNeal 2003 di SD Negeri Mangkubumen Kidul No. 16 Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0201006-2005
Subyek : IKLAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan studi ini adalah meneliti pola komunikasi antara orang tua Jawa (khususnya orang tua siswa SD Negeri Mangkubumen Kidul No.16 Surakarta) dengan putra/putri mereka mengenai konsumsi dan periklanan di televisi berdasarkan empat tipologi yang dikemukakan oleh Moschis dan Moore (dalam Chan dan McNeal, 2003) serta bagaimana para orang tua tersebut memediasi pengaruh periklanan televisi terhadap putra/putri mereka. Dalam penelitian ini budaya dan karakteristik demografi dimasukkan sebagai variabel covariates. Sehubungan dengan tujuan tersebut, maka dikemukakan hipotesis bahwa orang tua siswa SD Negeri Mangkubumen Kidul No.16 Surakarta memiliki pola komunikasi socio-orientation tinggi dan concept-orientation rendah sehingga termasuk dalam golongan protective parents. Dihipotesiskan juga bahwa tingkat pendidikan orang tua memiliki pengaruh pada pola komunikasi keluarga. Selain itu, dalam penelitian ini dihipotesiskan adanya perbedaan tindakan mediasi terhadap pengaruh periklanan televisi pada anak diantara keempat golongan orang tua.

Sebanyak 150 orang tua bersuku bangsa Jawa dari siswa SD Negeri Mangkubumen Kidul No.16 Surakarta yang berjumlah 600 orang diambil sebagai sampel dalam penelitian ini. Survey dilakukan untuk mengumpulkan data primer dengan cara menyebar kuesioner bersifat tertutup yang kemudian diisi oleh para responden, sedangkan data sekunder diperoleh dengan cara studi pustaka (membaca buku, jurnal, dan sebagainya). Data primer tersebut kemudian diolah dengan bantuan software SPSS for windows menggunakan uji validitas, reliabilitas, statistik deskriptif, paired sample t-test, crosstab, dan one-way ANOVA.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua siswa SD Negeri Mangkubumen Kidul No.16 Surakarta memiliki pola komunikasi socio- dan concept-orientation yang tinggi dengan mean sebesar 3,618 dan 3,4688, sehingga termasuk dalam golongan consensual parents. Secara statistik, tingkat pendidikan orang tua tidak berpengaruh pada penggolongan orang tua berdasarkan empat tipologi pola komunikasi keluarga. Orang tua pluralistic dan consensual lebih sering menonton dan mendiskusikan periklanan televisi dengan anak mereka dibanding laissez-faire dan protective parents. Pluralistic dan consensual parents merasa memiliki pengaruh yang lebih besar pada sikap anak-anak mereka terhadap periklanan televisi dibanding orang tua laissez-faire dan protective. Sebagian besar responden merasa mengawasi pengaruh televisi pada putra/putrinya. Hanya 20% orang tua laissez-faire yang merasa tidak mengawasi pengaruh televisi pada putra/putri mereka.

Dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa orang tua Jawa (khususnya orang tua siswa SD Negeri Mangkubumen Kidul No.16 Surakarta) memiliki pengaruh pada pola konsumsi dan sikap anak pada periklanan televisi, maka sebaiknya advertiser dan marketer melaksanakan program pemasaran yang pertama-tama ditujukan untuk meyakinkan orang tua bahwa produk dan merk yang mereka tawarkan paling tepat untuk dipilih. Advertiser dan marketer sebaiknya memilih nama dan lambang merk serta membuat program pemasaran yang menarik dan sesuai dengan budaya dan peraturan setempat agar lebih mudah diterima oleh para konsumen. Disamping itu, pemilihan media iklan yang tepat pun tidak boleh diabaikan sebagai syarat tercapainya kegiatan periklanan yang efektif.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Joko Suyono, SE, MSi
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis