Penulis Utama : Nunun Angganingrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengrajin mebel memilih broker sebagai saluran distribusi di Desa Serenan Kleten
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0298098-2005
Subyek : MANAJEMEN PEMASARAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Masalah yang hendak dicari jawabannya dalam penelitian ini adalah manakah faktor yang lebih dominan diantara faktor pertimbangan pasar, pertimbangan barang, pertimbangan perusahan dan pertimbangan perantara mempengaruhi pemilihan broker sebagai saluran distribusi bagi usaha kerajinan mebel di desa Serenan, Klaten, dan bagaimanakah urutan diantara faktor-faktor tersebut, dalam pemilihan broker sebagai saluran distribusi. Sehubungan dengan masalah tersebut diajukan hipotesis sebagai berikut: diduga bahwa faktor pertimbangan pasar, pertimbangan barang, pertimbangan perusahaan dan pertimbangan perantara secara bersama-sama maupun secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pemilihan saluran distribusi broker; dan diduga bahwa faktor pertimbangan perusahaan memiliki pengaruh yang paling dominan dibandingkan ketiga faktor lain

Sejalan dengan masalah tersebut dan hipotesis penelitian maka penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 1.264 pengrajin mebel, sedangkan jumlah sampel yang diambil sebanyak 90 pengrajin. Teknik sampling yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah teknik random sampling.

Hasil analisis menunjukkan bahwa hasil uji t dari keempat variabel menunjukkan nilai thitung lebih besar dari ttabel (X1: 6,427; X2: 4,340; X3: -0,335; X4: 2,013) dan hasil uji F juga menunjukan bahwa nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (31,281 > 2,530).

Dari bukti-bukti tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel pertimbangan pasar menjadi faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi sikap pengrajin mebel dalam memilih saluran distribusi. Adapun urut-urutan dari keempat variabel yang diambil dalam penelitian ini adalah (1) pertimbangan pasar, (2) pertimbangan barang, (3) pertimbangan perantara, dan (4) pertimbangan perusahaan.

Berdasarkan temuan tersebut maka diajukan saran-saran diharapkan para pengrajin mebel menambah pengetahuannya di bidang manajemen usaha, membentuk asosiasi pengrajin mebel sebagai wadah bagi para pengrajin. Bagi pemerintah setempat hendaknya memberikan pembinaan secara berkala.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Imam Mahdi
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis