Penulis Utama : Wiwit Widayanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis pengaruh pengumuman pemecahan saham (stock split) terhadap harga saham, volume perdagangan saham dan likuiditas saham yang diukur dengan Bid-Ask Spread pada beberapa perusahaan go public di Jakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0201119-2005
Subyek : SAHAM
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengumuman pemecahan saham (stock split) terhadap harga saham, volume perdagangan saham dan likuiditas saham pada beberapa perusahaan go public di Bursa Efek Jakarta. Dalam penelitian ini pengukuran tingkat likuiditas yang digunakan adalah persentase spread. Penelitian ini menguji lima hipotesis. Hipotesis pertama, kedua, ketiga dan keempat adalah untuk mengetahui apakah pemecahan saham menyebabkan perbedaan yang signifikan terhadap harga saham yang dibagi antara harga absolute dengan harga sebenarnya dan harga saham sebelum dan sesudah pengumuman pemecahan saham(stock split), volume perdagangan saham dan likuiditas saham yang berdasarkan persentase spread. Kemudian hipotesis kelima untuk menguji pengaruh harga saham dan volume perdagangan saham terhadap tingkat likuditas saham yang diukur dengan bid-ask spread.

            Dalam penelitian ini menggunakan data sekunder dengan populasi perusahaan-perusahaan yang melakukan pengumuman pemecahan saham (stock split) antara tahun 1999 sampai dengan 2003. Pengambilan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sabanyak 56 perusahaan. Pengujian terhadap hipotesis pertama, kedua, ketiga dan keempat menggunakan uji paired sample t-test pada level 5%. Untuk menguji hipotesis kelima menggunakan regresi berganda dengan level 5%.

            Berdasarkan hasil uji beda dengan menggunakan paired sample t-test terhadap hipotesis pertama, kedua, ketiga dan keempat diperoleh hasil bahwa pemecahan saham mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap semua variabel yang diujikan yaitu dengan signifikan t dibawah 5%. Seperti pada pengujian hipotesis pertama yang membandingkan antara absolute price dengan harga sebenarnya(true price) diperoleh nilai signifikan 0,001, kemudian pada pengujian hipotesis kedua yang membandingkan antara harga sebelum dan setelah pengumuman pemecahan saham (stock split) diperoleh nilai signifikan 0,000, hal ini juga terjadi pada pengujian perbandingan antara volume perdagangan saham sebelum dan sesudah pengumuman pemecahan saham (stock split) yang diperoleh nilai signifikan sebesar 0,001, dan pada pengujian hipotesis keempat yang membandingkan persentase spread sebelum dan sesudah pengumuman pemecahan saham (stock split) diperoleh nilai signifikan sebesar 0,034. Hasil pengujian hipotesis kelima menunjukkan bahwa harga saham dan volume perdagangan saham mempunyai pengaruh terhadap tingkat likuiditas saham yang diukur dengan bid-ask spread, hal ini ditunjukkan dengan signifikan F sebesar 0,000, dan  nilai signifikan t untuk harga saham 0,002 dan volume perdagangan saham 0,000. Dengan adjusted R-Square dalam penelitian ini sebesar 0,55, yang berarti sebesar 55% variabel dependen likuidiats saham yang diukur dengan spread dapat dijelaskan oleh variabel dependen.

            Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa pengumuman pemecahan saham menyebabkan perubahan yang signifikan terhadap harga saham, volume perdagangan saham, dan likuiditas saham yang diukur dengan bid-ask spread. Dan ketika dilakukan uji antara ketiga variabel dengan persentase spread sebagai variabel dependen dan harga saham dan volume perdagangan saham sebagai variabel independen, diketahui bahwa keduanya mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen. Untuk penelitian selanjutnya sebaiknya peneliti meneliti atau menambah variabel independen, tidak hanya harga saham dan volume perdagangan saham saja, melakukan pengelompokan terhadap perusahaan yang diteliti atau memperpanjang even window yang digunakan. Kemudian penelitian tidak hanya bisa dilakukan secara portofolio tetapi secara individu.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs Sunarjanto
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis