Penulis Utama : Wendi Widya Ratna Dewi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Pengaruh lingkungan terhadap penguasaan kosakata Bahasa Indonesia pada anak-anak di Taman Kanak-Kanak Kridowita Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Sastra UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Sastra NIM.C0299055-2003
Subyek : KOSAKATA
Jenis Dokumen :
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif mengenai pengaruh lingkungan terhadap penguasaan kosakata bahasa Indonesia pada anak-anak di TK Kridawita, Klaten. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh lingkungan terhadap penguasaan kosakata bahasa Indonesia dan jumlah kosakata yang dikuasai oleh anak-anak serta pengaruh bahasa ibu, yaitu bahasa Jawa terhadap penggunaan bahasa Indonesia pada saat proses belajar mengajar di TK Kridawita, Klaten.

Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik simak libat cakap, teknik simak bebas libat cakap, teknik rekam dan teknik catat. Penulis menggunakan bantuan sejumlah gambar untuk membantu dalam memperoleh data yang diperlukan. Data dalam penelitian ini meliputi sejumlah kosakata yang dikuasai oleh tiap-tiap sampel yang telah direkam dan keseluruhan pemakaian bahasa lisan yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar di TK Kridawita yang dilakukan pada tanggal 6 Mei 2003 sampai 14 Mei 2003. Sampel dalam penelitian ini adalah sembilan siswa TK Kridawita yang telah dipilih berdasarkan situasi kebahasaan yang dimiliki tiap-tiap sampel dan bahasa pengantar pergaulan yang digunakan dalam keluarganya.

Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa bahasa pengantar dalam keluarga mempengaruhi penguasaan kosakata bahasa Indonesia dan jumlah kosakata bahasa Indonesia yang dimiliki oleh anak-anak. Anak-anak yang menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dalam keluarganya lebih lancar dalam menggunakan bahasa Indonesia daripada anak-anak yang menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa pengantar dalam lingkungan keluarganya. Hal ini disebabkan anak-anak yang menggunakan bahasa Indonesia dalam keluarganya mempunyai jumlah kosakata bahasa Indonesia yang lebih banyak jika dibanding dengan anak-anak yang menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa pengantar dalam lingkungan keluarganya. Faktor lain yang turut mempengaruhi dalam penguasaan kosakata adalah bahasa yang digunakan di lingkungan tempat tinggal.

Seorang anak yang mempunyai penguasaan bahasa Indonesia yang baik dan mempunyai jumlah kosakata bahasa Indonesia yang banyak dalam menggunakan bahasa Indonesia masih tercampuri dengan kosakata bahasa ibu, yaitu bahasa Jawa. Kenyataan seperti ini juga terlihat dalam proses belajar mengajar di TK Kridawita, Klaten. Hal ini disebabkan mereka tinggal dalam lingkungan budaya yang sebagian besar masyarakatnya menggunakan bahasa Jawa untuk berkomunikasi.

Pengaruh bahasa Jawa terhadap penggunaan bahasa Indonesia pada proses belajar mengajar di TK Kridawita, Klaten dapat dilihat dengan adanya gejala interferensi bahasa.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. 3. Prof. Dr. Kunardi Hardjoprawiro, M. Pd.
2. Drs. Hanifullah Syukri, M. Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa