Penulis Utama : Sri Hertina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis indikasi earnings management pada perusahaan manufaktur laba dan perusahaan manufaktur rugi di Indonesia (ditinjau dari laporan keuangan tahunan periode 1999-2001)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0300076-2005
Subyek : LAPORAN KEUANGAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan bukti apakah terdapat indikasi praktek earnings management pada laporan keuangan perusahaan manufaktur di Indonesia. Proksi earnings management yang dipakai dalam penelitian ini adalah discretionary accruals. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan nilai discretionary accruals yang signifikan antara perusahaan manufaktur yang mendapatkan laba dan perusahaan manufaktur yang menderita kerugian.

Penelitian ini dilakukan dengan mengelompokkan sampel ke dalam dua kelompok analisis yaitu kelompok perusahaan manufaktur yang mendapatkan laba dan kelompok perusahaan manufaktur yang menderita kerugian. Sampel diambil secara berpasangan dengan metode purposive sampling. Sampel yang dipakai dalam penelitian ini adalah 17 perusahaan manufaktur yang mendapatkan laba berpasangan dengan 17 perusahaan manufaktur yang menderita kerugian pada jenis usaha dan tahun yang sama selama tiga tahun pengamatan sehingga total sampel yang digunakan adalah sebesar 102 sampel.

Pengujian normalitas data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan uji One Sample Kolmogorov Smirnov. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa data dari kedua kelompok analisis berdistribusi normal sehingga untuk pengujian selanjutnya terhadap hipotesis yang diajukan akan digunakan alat uji statistik parametrik yaitu dengan Independent Sample T-Test. Hasil pengujian dengan Independent Sample T-Test dengan menggunakan dasar equal variances assumed menunjukkan bahwa nilai level of significance sebesar 0,000. Oleh karena nilai level of significance < 0,05 maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini ditolak.

Penelitian ini menghasilkan suatu bukti bahwa perusahaan manufaktur di Indonesia terindikasi melakukan praktek earnings management dengan indikasi menurunkan laba (income decreasing discretionary accruals) serta terdapat perbedaan nilai discretionary accruals yang signifikan antara perusahaan manufaktur yang mendapatkan laba dan perusahaan manufaktur yang menderita kerugian.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Christiyaningsih Budiwati, SE, M.Si, Ak
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis