Penulis Utama : Ika Diyawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis ketepatan prediksi kebangkrutan perusahaan manufaktur melalui pendekatan Z-Score Altman
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0301001-2005
Subyek : LIKUIDASI PERUSAHAAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah rasio-rasio keuangan yang digunakan dalam formula Altman, yaitu rasio working capital to total assets, retained earning to total assets, earning before interst and tax to total assets, market value of equity to book value of total debt dan sales to total assets dapat digunakan untuk memprediksi kebangkrutan perusahaan manufaktur pada tahun 2000, 2001, dan 2002. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah metode z-score altman dapat digunakan untuk memprediksi kebangkrutan perusahaan manufaktur. Untuk memperkuat hipotesis tersebut, peneliti menambahkan hipotesis apakah terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara  rasio-rasio keuangan perusahan bangkrut dan tidak bangkrut.

Populasi yang diteliti adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEJ pada tahun 2000, 2001, dan 2002. Pengambilan sample menggunakan metode purposive sampling dan menghasilkan 28 sampel perusahaan yang terdiri dari 14 perusahaan bangkrut dan 14 perusahaan tidak bangkrut. Uji normalitas dilakukan dengan menggunakan metode Kolmogorov-Smirnov. Data dianalisis dengan model z-score altman dan independent sample t-test.

Hasil analisis menggunakan model z-score altman menyatakan bahwa model z-score altman dapat digunakan untuk memprediksi kebangkrutan perusahaan manufaktur. Hasil independent sample t-test menyatakan bahwa terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara rasio-rasio keuangan perusahaan bangkrut dan tidak bangkrut. Hasil analisis independent sample t-test semakin memperkuat hipotesis yang pertama bahwa model z-score altman dapat digunakan untuk memprediksi kebangkrutan perusahan manufaktur.    

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Falikhatun, M.Si., Ak
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis