Penulis Utama : Puthut Arinarko
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Perkataan kitab teka-teki terbang (suntingan teks dan analisis fungsi)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Sastra UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Sastra NIM.CO298048-2005
Subyek : TATA BAHASA INDONESIA-PENELITIAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini berjudul, ‘Perkataan Kitab Teka-teki Terbang’: Suntingan Teks dan Analisis Fungsi. Perkataan Kitab Teka-teki Terbang (selanjutnya disingkat PKTT) merupakan naskah Melayu yang bernomor Ml. 842 (dari W. 224) dan ditulis dengan huruf Arab Melayu. Kondisi naskah PKTT masih dalam keadaan baik dan utuh, tulisan pada teks mudah dibaca. Naskah PKTT merupakan naskah anonim karena dalam teks tidak ditemukan nama penulis atau penyalinnya.

Tujuan penelitian ini adalah (1) menyajikan suntingan teks PKTT yang baik dan benar, (2) mengungkapkan fungsi yang terkandung dalam teks PKTT bagi pembaca.

Metode yang digunakan dalam penyuntingan teks adalah metode edisi standar, yaitu menerbitkan teks dengan membetulkan kesalahan-kesalahan kecil dan ketidakajegan. Untuk analisis fungsi digunakan pendekatan ekstrinsik (pragmatik), yaitu pendekatan yang memandang gejala sastra dalam kaitannya dengan fungsi karya sastra bagi pembaca.

Teks PKTT disunting dengan mengadakan perbaikan atau pembetulan dari kesalahan-kesalahan yang kemudian dicatat dalam aparat kritik. Kesalahan yang peneliti temukan meliputi lakuna (penghilangan huruf atau kata) yang berjumlah 23 kasus, adisi (penambahan huruf atau kata) yang berjumlah 4 kasus, subtitusi (penggantian huruf atau kata) yang berjumlah 25 kasus, ditografi (perangkapan huruf atau kata) yang berjumlah 6 kasus, transposisi ( perpindahan letak huruf atau suku kata) yang berjumlah 6 kasus.

Berdasarkan analisis fungsi, dapat diungkapkan bahwa PKTT mengandung nilai-nilai atau ajaran kemanfaatan yang berperan sebagai alat pendidikan ilmu pengetahuan dan sebagai alat untuk menghibur. Fungsi PKTT sebagai alat pendidikan yaitu pendidikan tentang kesehatan, anjuran untuk menuntut ilmu, menghargai sesama, berhati-hati dalam mengambil keputusan, pendidikan tentang dunia binatang dan tumbuh-tumbuhan, ajaran menjauhi perilaku menyimpang, kebesaran Allah, dan pendidikan tentang manusia. Fungsi PKTT sebagai alat hiburan adalah menghibur bagi anak-anak maupun orang dewasa, sekaligus memberikan pengetahuan tentang segala sesuatu yang kemungkinan belum banyak diketahui.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Istadiyantha, M.S
2. Drs. Sholeh Dasuki, M.S.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa