Penulis Utama : Dewi Anggrahini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi penyaluran kredit perbankan pada Bank Umum di Indonesia periode 1994.1-2003.4
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0101001-2005
Subyek : KREDIT
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Krisis ekonomi yang terjadi Juli 1997 menyebabkan perkonomian nasional tumbuh negatif, dunia usaha tidak dapat beroperasi yang menyebabkan pemutusan hubungan kerja dan pengangguran bertambah. Penyaluran kredit perbankan praktis terhenti karena sektor riil tidak dapat menyerap dana yang harganya mahal. Tingkat Loan to deposit Ratio (LDR) turun drastis yakni rata-rata kurang dari 40% sedangkan sebelum krisis tingkat LDR diatas 100%. Upaya Bank Indonesia untuk menurunkan suku bunga SBI nampaknya belum diikuti dengan peningkatan kredit perbankan seperti yang diharapkan. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah modal, simpanan masyarakat, tingkat suku bunga SBI dan pertumbuhan ekonomi berpengaruh terhadap kredit perbankan .

Penelitian ini merupakan analisis data sekunder, data yang digunakan adalah data deret waktu (time series) dari 1994 kuartal 1 sampai 2003 kuartal 4. Alat analisis yang digunakan regresi linier dengan metode OLS dimana kredit perbankan sebagai variabel dependen, sedangkan modal, simpanan masyarakat, tingkat suku bunga SBI dan pertumbuhan ekonomi sebagai variabel independen. Hipotesis yang diajukan bahwa modal, simpanan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi berpengaruh positif terhadap kredit perbankan sedangkan tingkat suku bunga SBI berpengaruh negatif terhadap kredit perbankan.

Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel modal, simpanan masyarakat berpengaruh positif terhadap kredit perbankan dalam tingkat signifikansi 5%. Tingkat suku bunga SBI berpengaruh positif terhadap kredit perbankan dalam tingkat signifikansi 10%, sedangkan pertumbuhan ekonomi berpengaruh negatif terhadap kredit perbankan dalam tingkat signifikansi 5%.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat diajukan beberapa saran yaitu perbankan diharapkan dapat meningkatkan modal perbankan dengan meningkatkan profitabilitas melaui penyaluran kredit ke sektor yang potensial dengan tetap memperhatikan prudential banking. Untuk meningkatkan simpanan masyarakat perbankan dapat menawarkan produk simpanan yang menarik masyarakat dengan fasilitas dan kemudahannya. Perbankan diharapkan dapat menyalurkan simpanan tersebut dalam bentuk kredit guna menunjang perekonomian nasional sehingga fungsi intermediasi dapat berjalan lancar. Bank Indonesia sebagai otoritas moneter hendaknya berhati-hati dalam menetapkan tingkat suku bunga SBI, penurunan SBI diharapkan dapat meningkatkan penyaluran kredit perbankan sehingga penurunan suku bunga dapat memberikan sinyal positif bagi pemulihan ekonomi. Pemerintah diharapkan dapat menjaga kondisi makro ekonomi, sosial, politik, keamanan dan kepastian hukum untuk mendukung pertumbuhan ekonomi.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Yunastiti Purwaningsih, MP
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis