Penulis Utama : Eliza Damayanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis harga jual dan kemungkinan penawaran discount pada jasa perhotelan (studi kasus pada Hotel Cakra Kembang Yogyakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1301046-2005
Subyek : MANAJEMEN PEMASARAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Di Yogyakarta saat ini banyak didirikan perusahaan perhotelan yang saling bersaing dalam mendapatkan konsumen. Hotel Cakra Kembang merupakan salah satunya. Untuk itu, diperlukan pelayanan yang memuaskan bagi para tamu yang hendak menginap dan juga diperlukan adanya penetapan harga jual yang tepat.

Dalam hal penetapan harga jual, selama ini Hotel Cakra Kembang telah menggunakan metode cost plus pricing, pendekatan full costing untuk jenis kamar umum. Sedangkan untuk jenis kamar khusus, selama ini Hotel Cakra Kembang belum menggunakan metode apapun dalam penetapannya, sehingga diharapkan manajement dapat menggunakan alternatif perhitungan dengan pendekatan variable costing.

Untuk jenis kamar umum, penetapan harga jualnya menggunakan mark up sebesar 75%, dan telah mampu memberikan kontribusi laba kepada perusahaan. Setelah biaya-biaya dialokasikan dengan dasar alokasi yang sesuai, diperoleh alternatif penentuan harga jual jenis kamar umum yang dilakukan dengan membandingkan Hotel Cakra Kembang dengan dua hotel lain yang setaraf yaitu, Hotel Yogya Plassa dan Hotel Ishiro.

Sedangkan untuk penetapan harga jual jenis kamar khusus, diperoleh perhitungan mark up dengan pendekatan variable costing, sebesar 60,73%. Harga jual dengan mark up tersebut merupakan harga terendah yang dapat ditetapkan dan dapat dipergunakan pada saat-saat sepi wisatawan, ataupun dapat diberikan kepada pelanggan dan juga tamu yang datang secara berombongan.

Untuk memberi masukan bagi pihak manajemen, dilakukan penghitungan break even point, yang bertujuan untuk mengetahui pada tingkat hunian berapa, tiap-tiap jenis kamar dapat mencapai titik break even. Sehingga manajemen dapat menggunakan informasi tersebut untuk usaha pencapaian laba. Karena setiap penambahan hari hunian dari tingkat hunian pada titik break even merupakan tambahan keuntungan bagi perusahaan. Disamping itu, dengan informasi tersebut perusahaan juga dapat menghitung prosentase discount yang dapat ditawarkan untuk menarik minat pelanggan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Setianingtyas H, MM, Ak.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis