Penulis Utama : Kurniawan Dwi Jatmoko
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Peranan penerimaan retribusi parkir dalam uapaya meningkatkan pendapatan asli daerah (padi) di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1102018-2005
Subyek : PAJAK DAERAH
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Kontribusi Penerimaan Retribusi Parkir Terhadap Pendapatan Asli Daerah di Kota Surakarta, (2) Bagaimana efektifitas dan efisiensi penerimaan retribusi parkir di Kota Surakarta, (3) Bagaimana prospek penerimaan Retribusi Parkir di Kota Surakarta pada lima tahun ke depan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk Mengetahui Kontribusi Retribusi Parkir terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Surakarta, (2) Untuk mengetahui efektifitas dan efisiensi penerimaan restribusi parkir di Kota Surakarta, (3) Untuk mengetahui prospek penerimaan restribusi parkir di Kota Surakarta. Hipotesis yang diajukan adalah (1) Kontribusi Penerimaan Retribusi Parkir terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) diduga semakin meningkat untuk lima tahun kedepan, (2) Penerimaan Retribusi Parkir di Kota Surakarta diduga telah efektif dan efisien dalam memberikan sumbangan pada pendapatan asli daerah di Kota Surakarta, (3) Prospek penerimaan Retribusi Parkir di Kota Surakarta diduga semakin meningkat.

Penelitian ini merupakan analisis data sekunder, dimana data yang digunakan adalah data mulai dari tahun anggaran 1993/1994 sampai dengan tahun 2002. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tiga alat analisis yaitu : (1) Analisis rasio efisiensi dan efektifitas, (2) Analisis matriks kontribusi, (3) Analisis trend linear. Dimana variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penerimaan Pendapatan Asli Daerah Kota Surakarta dan Penerimaan Retribusi Parkir di Kota Surakarta.

Hasil analisis menunjukkan bahwa, Dari hasil analisis rasio efisiensi dan efektifitas penerimaan retribusi parkir Kota Surakarta telah menunjukkan rasio yang efisien dan efektif. Sedangkan dari hasil analisis matriks kontribusi atas kontribusi dan pertumbuhan penerimaan retribusi parkir terhadap pendapatan asli daerah masih berada dalam kategori terbelakang. Hasil analisis trend linear menunjukkan bahwa penerimaan retribusi parkir terus mengalami peningkatan pada lima tahun mendatang.

Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu (1) Penererimaan retribusi parkir di Kota Surakarta telah berada dalam ketegori efisien dan efektif dilihat dari hasil analisis rasio efisiensi dan efektifitas, (2) Sumbangan yang diberikan dari sektor retribusi daerah khususnya retribusi parkir terhadap pendapatan asli daerah masih terbelakang, (3) Perkembangan penerimaan retribusi parkir pada lima tahun mendatang mengalami peningkatan pada setiap tahunnya. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah : (1) Agar Pemerintah Kota Surakarta dapat mempertahankan efisiensi dan efektifitas yang telah dapat dicapai dari sektor retribusi parkir, (2) Perbaikan dan perluasan pungutan retribusi parkir dan penentuan lokasi parkir serta tarif dari lokasi parkir yang sesuai dengan kondisi tempat tersebut diharpakan dapat dilakukan Pemerintah kota surakarta untuk memperbaiki dan meningkatkan penerimaan retribusi parkir agar sumbangan yang diberikan terhadap pendapatan asli daerah dapat ditingkatkan, (3) Pelatihan dan penerimaan petugas pemungutan retribusi parkir agar diperbaiki agar dapat melaksanakan kebijakan dan peraturan yang telah ditetapkan dengan lebih baik

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
3. SKRIPSI.doc
File Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs Harimurti, Msi
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis