Penulis Utama : Devristya Merryndah H.
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Sistem pembayaran ekspor CV. Aji Bali Furniture di Mojosongo Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3102013-2005
Subyek : PERDAGANGAN INTERNASIONAL
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pembayaran ekspor CV. Aji Bali sesuai dengan kesepakatan bersama antara CV. Aji Bali dengan negara importir produk furniture CV. Aji Bali. Sistem pembayaran yang aman dan dapat dipertanggungjawabkan merupakan jalan untuk perusahaan dapat berkembang dan memiliki banyak relasi dengan negara lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui negara tujuan ekspor CV. Aji Bali, mengetahui sistem pembayaran ekspor yang digunakan, dokumen – dokumen yang diperlukan dalam pembayaran ekspor, pihak – pihak yang terlibat, kesepakatan Advising Bank dengan CV. Aji Bali dan kelemahan serta keunggulan sistem pembayaran yang digunakan. Alat analisis yang digunakan adalah Rate of Growth, Moving Average, Rata – rata dan Prosentase.

CV. Aji bali menggunakan dua macam cara pembayaran yaitu Letter of Credit dan Telegrafic Transfer. Tujuan Ekspornya antara lain Inggris, Canada, Perancis dan Singapura. CV. Aji Bali dalam menggunakan Letter of Credit melibatkan dua bank besar yang berperan dalam penanganan pembayaran transaksi ekspor yang terjadi. Pihak yang berhubungan langsung dengan importir adalah opening bank, sedangkan pihak yang berhubungan langsung dengan CV. Aji Bali adalah Advising Bank yang secara langsung menangani pembayaran ekspor kepada CV. Aji Bali, dalam hal ini advising bank yang berperan bagi CV. Aji Bali adalah BNI Sebelas Maret. Banyak pihak - pihak yang terkait dalam kedua sistem pembayaran ini, pihak – pihak yang terlibat antara sistem pembayaran dengan Letter of credit dan Telegrafic Transfer sama hanya saja dengan menggunakan Telegrafic Transfer bank berperan sebagai sarana untuk menstransfer uang dari importir kepada CV. Aji Bali tidak seperti dalam Letter of Credit, Opening Bank berperan sebagai bank penjamin pembayaran dan pihak yang menjamin serta mengirimkan dokumen – dokumen ekspor kepada importir. Dokumen – dokumen seperti B/L, Invoice, Packing List dan yang lain –lainnya mutlak disertakan dalam sistem, pembayaran yang digunakan oleh CV. Aji Bali.

Negara – negara tujuan ekspor CV. Aji Bali memiliki kesepakatan – kesepakatan tersendiri demikian juga dengan advising bank dan CV. Aji Bali. CV. Aji Bali dan Advising Bank memiliki kesepakatan dalam hal potongan biaya pembayaran ekspor dan masalah discripancies. Letter of Credit yang digunakan CV. Aji Bali sesuai dengan Uniform Custom Practice for Dokumentary Credit. Kesepakatan yang terjadi harus menguntungkan kedua belah pihak,  karena akan mendatangkan kepercayaan dalam penanganan. Pembayaran transaksi ekspor yang selanjutnya adalah Telagrafic Transfer yang merupakan sistem pembayaran yang dirasa sangat mudah, karena sistem pembayaran ini digunakan dengan negara yang sudah memiliki hubungan baik dengan CV. Aji bali. Jenis L/C yang aman dan paling sering digunakan CV. Aji Bali adalah Irrevocable Letter of Credit. Penggunaan Letter of  terdapat keunggulan dan kelemahannya demikian juga dengan Telegrafic Transfer. Keunggulan L/C yaitu terjaminnya dokumen dan pembayaran ekspor yang tepat waktu dan cepat kepada CV. Aji Bali, sedangkan kelemahannya terdapat banyak potongan dari Advising Bank sehubungan dengan pembayaran yang dilakukan Advising Bank kepada CV. Aji Bali. Telegrafic Transfer juga mempunyai keunggulan dan kelemahan, keunggulannya adalah sedikitnya potongan pembayaran karena bank hanya berperan sebagai pihak pentransfer uang dari importir kepada CV. Aji Bali. Kelemahan pada Telegrafic Transfer adalah tidak terjaminnya keamanan pengiriman dokumen – dokumen kepada pihak importir. CV. Aji Bali dapat selama ini dapat mengatasi kendala – kendala dan hambatan – hambatan yang muncul dalam sistem pembayaran.yang digunakan baik dengan menggunakan Letter of Credit maupun Telegrafic Transfer.

Inggris merupakan tujuan ekspor terbesar, Letter of Credit merupakan sistem pembayaran yang aman bagi perisahaan. CV. Aji Bali sebaiknya memilih Letter of Credit khususnya Irrevocable Letter of Credit dalam transaksi ekspornya dan memperbaiki kualitas serta pemasaran produk lebih diperluas dan ditingkatkan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis