Penulis Utama : Hudi Hariyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis realisasi penerimaan pendapatan asli daerah dan kapasitas pinjaman daerah (studi kasus di Kabupaten dan Kota di Propinsi Daearh Istimewa Yogyakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0101005-2005
Subyek : PENDAPATAN ASLI DAERAH
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis target dan realisasi Pendapatan Asli Daerah kabupaten dan kota di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, terutama dari pos Pajak Daerah dan Retribusi Daerah sebelum dan sesudah berlakunya UU No. 18 Tahun 1997 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Penelitian ini juga untuk mengetahui tentang tingkat pertumbuhan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, untuk mengetahui Pajak Daerah dan Retribusi Daerah yang memberikan kontribusi terbesar terhadap Pendapatan Asli Daerah, untuk mengetahui pergeseran Matrik Kinerja Pajak Daerah dan Retribusi Daerah serta untuk mengetahui besarnya Kapasitas Pinjaman Daerah.

Data yang digunakan adalah data target dan realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) selama 10 (sepuluh) tahun anggaran, yaitu dari Tahun Anggaran 1994/1995 sampai Tahun Anggaran 2003. Data tersebut merupakan data sekunder yang diperoleh dari Badan Pengelola Keuangan Daerah. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Analisis Deskriptif maksudnya memberikan gambaran tentang perkembangan komponen Pajak dan Retribusi Daerah di daerah studi dari waktu ke waktu menurut jenis komponen dari pos Pajak dan Retribusi Daerah serta gambaran realisasi Pinjaman Daerah. Sedangkan Analisis Kuantitatif digunakan untuk mengkaji realisasi dari Pajak dan Retribusi Daerah dan realisasi Pinjaman Daerah yang sudah dilakukan apakah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Hasil analisis tersebut dibuktikan dengan uji test mean.

Metode analisis data yang digunakan adalah menggunakan beberapa model. Untuk menganalisis Pendapatan Asli Daerah dari pos Pajak dan Retribusi Daerah menggunakan Model Kolektivitas yaitu rasio antara realisasi dengan target, Model Tingkat Pertumbuhan, Model Kontribusi yaitu rasio antara jenis Pajak dan Retribusi Daerah terhadap Total Pajak dan Retribusi Daerah dan Matrik Kinerja dari ayat Pajak dan Retribusi Daerah. Sedangkan untuk menganalisis Kapasitas Pinjaman Daerah adalah menggunakan Model rasio antara Pinjaman Daerah terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Model Sisa Pokok Pinjaman Daerah dan Model Debt Service Coverage Ratio (DSCR).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada era sebelum UU No. 18 Tahun 1997 banyak jenis Pajak Daerah dan Retribusi Daerah yang capaian Kolektivitasnya kurang dari 100%, sedangkan pada era sesudah UU No. 18 Tahun 1997 jenis Pajak Daerah dan Retribusi Daerah yang mempunyai capaian Kolektivitas kurang dari 100% sudah berkurang. Hasil pengujian test mean menunjukkan bahwa secara statistik tidak terdapat perbedaan rata-rata Kolektivitas Pajak Daerah dan Retribusi Daerah sebelum dan sesudah berlakunya UU No. 18 Tahun 1997. Hasil perhitungan Tingkat Pertumbuhan menunjukkan bahwa sebelum UU No. 18 Tahun 1997 banyak jenis Pajak Daerah dan Retribusi Daerah yang Tingkat Pertumbuhannya bernilai negatif, sedangkan pada era sesudah UU No. 18 Tahun 1997 jenis Pajak Daerah dan Retribusi Daerah yang Tingkat Pertumbuhannya bernilai negatif hanya beberapa jenis. Hasil pengujian dengan uji test mean menunjukkan bahwa secara statistik tidak terdapat perbedaan rata-rata Tingkat Pertumbuhan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah sebelum dan sesudah berlakunya UU No. 18 Tahun 1997. Hasil perhitungan Kontribusi menunjukkan bahwa Pajak Daerah dan Retribusi Daerah kabupaten dan kota di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta terdapat jenis Pajak dan Retribusi Daerah yang mempunyai kontribusi yang besar terhadap Pendapatan Asli Daerah. Hasil pengujian dengan uji test mean menunjukkan bahwa secara statistik terdapat perbedaan rata-rata Kontribusi Pajak Daerah dan Retribusi Daerah sebelum dan sesudah berlakunya UU No. 18 Tahun 1997. Perhitungan Matrik Kinerja menunjukkan bahwa terjadi pergeseran kategori Pajak Daerah dan Retribusi Daerah sesudah berlakunya UU No. 18 Tahun 1997 dibandingkan dengan sebelum berlakunya UU No. 18 Tahun 1997. Untuk perhitungan Kapasitas Pinjaman Daerah menunjukkan bahwa besarnya Rasio Pinjaman Daerah dengan PDRB, Jumlah Sisa Pokok Pinjaman dan Debt Service Coverage Ratio (DSCR) kabupaten dan kota di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta telah memenuhi syarat untuk melakukan Pinjaman Daerah. Hasil pengujian dengan uji test mean menunjukkan bahwa secara statistik tidak terdapat perbedaan rata-rata Jumlah Pokok Pinjaman Daerah dan Debt Service Coverage Ratio (DSCR) sebelum dan sesudah/selama pelaksanaan otonomi daerah.

Penelitian ini dapat disarankan beberapa hal, yakni pertama, peningkatan PAD baik secara intensifikasi maupun secara ekstensifikasi. Kedua, perlunya prinsip yang harus dipegang dalam penentuan target Pajak dan Retribusi Daerah untuk disesuaikan dengan potensi yang ada. Ketiga, jenis Pajak dan Retribusi dikembangkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Keempat, Perlu dikembangkan model penilaian indikator kinerja realisasi Pajak dan Retribusi Daerah dengan membandingkan coverage ratio (membandingkan realisasi dengan potensi Pajak dan Retribusi Daerah) dan collection ratio (membandingkan realisasi dengan target Pajak dan Retribusi Daerah). Dan kelima, seluruh kabupaten dan kota di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta perlu mengembangkan Pinjaman Daerah sebagai alternatif sumber pembiayaan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis