Penulis Utama : Dyah Marlinawati Puspaningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Sistem Informasi Pelayanan Jasa Angkutan Umum Kereta Api (Studi Penelitian Deskriptif Tentang Sistem Informasi Pelayanan Kereta Api Kelas Eksekutif di Stasiun TUGU Yogyakarta Tahun 2002/2003)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2003
Kolasi : 154 hal.:ilus.;lamp.;tab.;
Sumber : UNS-FISIP NIM.D 0199033-2003
Subyek : JARINGAN INFORMASI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak : ABSTRAK Adanya persaingan jasa transportasi yang semakin ketat bukan saja di transportasi darat tetapi juga transportasi udara, PT. KAI (persero) yang bertanggung jawab atas penyediaan jasa angkutan publik khusus kereta api di Indonesia dengan status Badan hukum sebagai Perusahaan Persero dituntut untuk dapat memberikan kualitas pelayanan terutama untuk produk Kelas Eksekutif. Masyarakat menuntut adanya pelayanan yang cepat, aman dan mudah. salah satunya adalah penggunaan sistem informasi dalam pelaksanaan pelayanannya terutama pelayanan penjualan tiket Kelas Eksekutif, sebagai gerbang pelayanan pertama dari keseluruhan pelayanan jasa angkutan KA Kelas Eksekutif.  Stasiun TUGU Yogyakarta  telah menggunakan sistem informasi yang dapat memberikan informasi kepada publik dan kepada manajemen organisasi dalam berbagai tingkatan level untuk pengambilan keputusan yang bersifat operasional, perencanaan dan kebijakan strategik, yang berorientasi pada pemberikan pelayanan yang mengutamakan kepentingan publik tanpa mengesampingkan kepentingan perusahaan untuk memperoleh keuntungan. Penelitian ini bertujuan untuk memberi gambaran tentang Sistem Informasi Pelayanan KA Kelas Eksekutif khususnya Pelayanan Penjualan Tiket di Stasiun TUGU Yogyakarta.

Penelitian ini dilakukan di Stasiun TUGU Yogyakarta dengan pertimbangan Stasiun TUGU Yogyakarta merupakan salah satu stasiun terbesar di Indonesia dengan frekuensi pelayanan yang tinggi dan banyaknya keluhan yang disampaikan oleh masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan selama ini. Bentuk Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan didukung data kualitatif tanpa mengabaikan data kuantitatif. Pengumpulan data dengan wawancara dengan teknik Purposive sampling dan didukung dengan teknik snowball Sampling, observasi dan wawancara. Untuk Validitas data digunakan Triangulasi data dengan  membandingkan jawaban pertanyaan yang sama pada informan yang berbeda. Teknik analisa data dengan model analisa interaktif yang terdiri dari tiga komponen yang saling terkait, yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.

Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa Sistem Informasi Pelayanan Jasa Angkutan KA Kelas Eksekutif khususnya Pelayanan Penjualan Tiket telah berjalan dengan baik. Output yang dihasilkan dapat memberikan informasi yang jelas mengenai gambaran kondisi pasar dan pola permintaan pasar sehingga dapat diambil kebijakan yang bersifat opersional pelayanan maupun kebijakan strategik perencanaan yang berfokus pada peningkatan kualitas pelayanan tanpa mengesampingkan kepentingan perusahaan untuk memperoleh keuntungan.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I.doc
BAB II .doc
BAB III.doc
BAB IV.doc
DAFTAR PUSTAKA.doc
DAFTAR ISI.doc
PANDUAN WAWANCARA.doc
Tabel III.8 Matrik Hasil Penelitian.doc
File Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Susartono, SU
2. Drs. Is Hadri Utomo
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP