Penulis Utama : Putri Sri Fajarrini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Pengaruh ketinggian tunggak padi (oryza sativa L.) dan saat aplikasi herbisida glifosat terhadap pertumbuhan dan hasil kedelai (glycine max (L.) merrill)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian NIM.H0101035-2005
Subyek : KEDELAI-PERTUMBUHAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ketinggian tunggak tanaman padi dan saat aplikasi herbisida glifosat terhadap  pertumbuhan dan hasil kedelai. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2004 sampai dengan Maret 2005 di lahan sawah Mojolaban, Sukoharjo dengan jenis tanah latosol, pada ketinggian tempat 125 m dpl. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) yang disusun secara faktorial yang terdiri dari 2 faktor dan diulang 3 kali. Faktor pertama adalah ketinggian tunggak padi (T), yang meliputi 4 taraf yaitu T0 (0 cm), T1 (15 cm), T2 (30 cm), dan T3 (45 cm). Faktor kedua adalah saat aplikasi herbisida glifosat (S), yang terdiri dari 4 taraf yaitu, S0 (0 MSbT), S1 (1 MSbT), S2 (2 MSbT), dan S3 (3 MSbT). Variabel pengamatan adalah gulma, pertumbuhan, dan hasil tanaman kedelai. Data dianalisis dengan analisis ragam, bila terdapat pengaruh nyata dilanjutkan uji DMRT 5%.

Hasil penelitian menunjukkan terjadi perubahan komposisi gulma sebelum dan sesudah perlakuan. Aplikasi herbisida glifosat tidak menimbulkan keracunan yang berarti pada tanaman kedelai. Perlakuan ketinggian tunggak tanaman padi 45 cm menunjukkan pertumbuhan dan hasil tertinggi untuk jumlah cabang per tanaman, berat kering tanaman, indeks panen, hasil per petak, jumlah biji per tanaman, dan berat biji per tanaman. Perlakuan saat aplikasi herbisida glifosat 2 MSbT menunjukkan hasil tertinggi untuk indeks panen, hasil per petak, jumlah biji per tanaman, berat biji per tanaman, dan berat kering brangkasan. Interaksi antara perlakuan berpengaruh terhadap jumlah biji pertanaman, berat biji pertanaman, dan berat kering brangkasan. Hasil kedelai per petak yang paling tinggi pada perlakuan ketinggian tunggak tanaman padi 30 cm dan saat aplikasi herbisida glifosat 2 MSbT yaitu sebesar 2332,602 gram. Hasil perpetak perlakuan terendah pada perlakuan ketinggian tunggak padi 45 cm dan saat aplikasi glifosat 0 MSbT, yaitu 916,153 gram.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Didiek Suroto, MP
2. Ir. Hesti Rahayu, MP
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian