Penulis Utama : Dayu Maharani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Perbandingan Pola konsumsi Pada Kalangan Mahasiswa Yang Indikos Di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi : 69 hal.: ilus.;lamp.;
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1101011-2004
Subyek : KONSUMSI (BIAYA DAN TINGKAT HIDUP)
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

PERBANDINGAN POLA KONSUMSI PADA KALANGAN MAHASISWA YANG INDEKOS DI KOTA SURAKARTA

Skripsi ini ditulis untuk mengetahui apakah ada perbedaan pola konsumsi mahasiswa indekos jika dilihat dari jenis kelamin, jenis fakultas serta besarnya uang saku yang diterima, dan apakah pola konsumsi yang diterapkan oleh mahasiswa tersebut mempengaruhi jumlah dana yang ditabung. Dalam penelitian ini data diambil dari 100 mahasiswa indekos yang menuntut ilmu baik di PTN maupun PTS di Kota Surakarta.

Untuk analisa hypothesis of two mean, nilai t tabel diketahui sebesar 2,000. Nilai t hitung lebih besar daripada nilai t tabel berarti Ho ditolak dan jika nilai t hitungnya lebih kecil daripada nilai t tabel berarti Ho diterima. Dari pengolahan data diketahui bahwa berdasarkan jenis kelamin terdapat perbedaan yang signifikan untuk kebutuhan transportasi, dan untuk kebutuhan lainnya jumlahnya hampir sama atau dengan kata lain tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Sedangkan dilihat dari jenis fakultas terdapat perbedaan yang signifikan untuk keperluan kuliah, dan berdasarkan uang saku terdapat perbedaan yang signifikan untuk kebutuhan makan minum, kebutuhan harian dan kebutuhan hiburan. Hubungan antara biaya konsumsi dan jumlah uang yang ditabung akan diuji dengan menggunakan chi-square, nilai χ² tabel adalah sebesar 7,81473. Apabila nilai ² hitung lebih besar dari nilai χ² tabel maka Ho ditolak, sebaliknya jika χ² hitung lebih kecil dari nilai χ² tabel maka Ho diterima. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai χ² hitung adalah 5,46391 atau lebih kecil dari nilai χ² tabel maka disimpulkan bahwa Ho dapat diterima, ini berarti tidak terdapat hubungan antara jumlah uang yang dikeluarkan untuk konsumsi dengan besarnya dana yang ditabung. Uji Anova digunakan untuk mengetahui apakah perbedaan pola konsumsi mahasiswa tersebut benar-benar signifikan. Dengan nilai F tabel sebesar 3,92 maka Ho akan diterima apabila nilai F hitung lebih kecil dari nilai F tabel, dan Ho ditolak apabila nilai F hitung lebih besar dari nilai F tabel. Dari hasil uji anova diketahui bahwa tidak terdapat perbedaan untuk kebutuhan mahasiswa indekos dilihat dari jenis kelamin dan jenis fakultas. Sedang berdasarkan besarnya uang saku terdapat perbedaan yang signifikan untuk konsumsi mahasiswa indekos.

Kesimpulan yang dapat diambil adalah sebagian besar mahasiswa indekos menghabiskan uang saku yang diterimanya setiap bulan tanpa membuat catatan tentang pengeluaran, disamping itu akan baik apabila sejak dini mereka berusaha mendapatkan tambahan uang saku dengan menggunakan potensi serta keahlian yang dimiliki dan bukan hanya menggantungkan pada pemberian orangtua saja.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
SKRIPSI.doc
SKRIPSI-dayu.doc
LAMPIRAN.doc
File Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Riwi Sumantyo, SE, ME
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis