Penulis Utama : Hosana Hari Lestanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Profitabilitas perusahaan manufaktur sebelum dan sesudah akvisi : tinjauan dari laporan keuangan SAK dan laporan keuangan reformulasi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0300045-2005
Subyek : MANAJEMEN KEUANGAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini merupakan jenis penelitian replikasi yang pernah dilakukan sebelumnya oleh Payamta, Setyaningsih, Wiharyanto, Windarti, Agustinigsih, dan Indiarti. Adanya Inkonsistensi hasil penelitian sebelumnya dan penggunaan Laporan keuangan Reformulasi untuk mendukung laporan keuangan PSAK merupakan motivasi dari penelitian ini.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan profitabilitas perusahaan manufaktur sebelum dan sesudah melakukan akuisisi, baik secara per variabel maupun secara keseluruhan.

Metode riset yang dipakai dalam penelitian berupa pengamatan tidak langsung perkembangan laporan keuangan perusahan dan menganalisa data laporan keuangan  yang ada untuk menguji hipotesis. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Jugdment sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder yaitu data yang berasal dari BEJ, pustaka dan internet. Rasio profitabilitas yang diukur berdasarkan laporan Keuangan PSAK diwakili oleh ROI, ROE, GPM dan NPM, sedangkan berdasarkan laporan keuangan reformulasi diwakili oleh RNOA, NBC dan ROCE. Alat uji yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah alat uji yang dapat mengidentifikasi ada tidaknya perbedaan rata-rata sebelum dan sesudah akuisisi. Uji Wilcoxon Signed Rank  digunakan sebagai alat uji statistik non-parametrik apabila data sebarannya tidak normal. Untuk data yang sebarannya normal, digunakan Paired sample t sebagai alat uji statistik parametrik.

            Hasil analisis penelitian ini manyimpulkan bahwa tidak ada perbedaan rasio profitabilitas yang signifikan sebelum dan sesudah akuisisi, baik untuk laporan keuangan PSAK atau untuk laporan keuangan reformulasi. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi (asymp. sig.) yang lebih besar dari 0,05 untuk perbandingan rasio sebelum dan sesudah akuisisi pada laporan keuangan PSAK, maupun pada perbandingan rasio sebelum dan sesudah akuisisi pada laporan keuangan reformulasi, sehingga kedua Hipotesis (Ho) diterima.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Sri Hanggana, M.Si, Akt
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis