Penulis Utama : Atik Purwanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Saluran distribusi konveksi siska di Desa Dawung Cawas Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3202022-2005
Subyek : MANAJEMEN PEMASARAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Dalam mencapai target usahanya yaitu dapat menembus pasar sasaran yang luas, bahkan menghasilkan laba, maka suatu perusahaan harus menentukan konsep atau strategi pemasaran yang akan digunakan. Strategi pemasaran tersebut, salah satunya yaitu, bagaimana cara penyampaian produk hingga sampai ketangan konsumen. Dalam penyampaian produk tersebut perusahaan memerlukan suatu saluran distribusi. Pemilihan saluran distribusi yang tepat akan mempengaruhi tingkat penjualan serta laba yang diperoleh perusahaan. Saluran distribusi yang digunakan oleh konveksi “SISKA”adalah saluran distribusi langsung dan saluran distribusi tidak langsung. Saluran distribusi langsung yaitu saluran distribusi dimana produsen melakukan transaksi langsung kepada konsumen akhir tanpa adanya perantara. Sedangkan saluran distribusi tidak langsung produsen menyalurkan produknya ke konsumen melalui jasa perantara (agen, pedagang besar dan pengecer).

Tujuan penulis melakukan penelitian pada konveksi “SISKA” di Desa Dawung, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten adalah untuk mengetahui dan menganalisa dari kedua saluran distribusi yang digunakan yaitu saluran distribusi langsung dan saluran distribusi tidak langsung, mana yang mampu meningkatkan volume penjualan yang paling tinggi.

Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain interview, observasi, dan studi pustaka. Analisis data yang digunakan adalah analisis diskriptif yaitu mendiskripsikan tentang sistem dan prosedur saluran distribusi pada konveksi “SISKA”.

Dari analisis data diketahui bahwa perusahaan menggunakan dua saluran distribusi yaitu saluran distribusi langsung dan saluran distribusi tidak langsung. Meskipun menggunakan dua saluran distribusi, kedua saluran tersebut menghasilkan volume penjualan yang berbeda. Hal ini dapat dilihat dari prosentase penjualan selama tahun 2001 sampai 2004. Sehingga dapat disimpulkan bahwa saluran distribusi yang lebih menguntungkan bagi perusahaan konveksi “SISKA”adalah saluran distribusi tidak langsung.

Dari analisis data diatas, penulis memberikan saran bagi konveksi “SISKA” adalah saluran distribusi langsung masih bisa dioptimalkan lagi yaitu dengan cara produsen harus mampu lebih keras lagi untuk melakukan pendekatan-pendekatan dalam rangka memperoleh informasi tentang keinginan dan kemauan pasar yang lebih baik,sehingga volume penjualan saluran distribusi langsung dapat meningkat.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. K. Tjilik Suwito, MM
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis