Penulis Utama : Arsyta Wulandari
NIM / NIP : B0120008
× Arsyta Wulandari. B0120008. 2024. Naskah Paring Dalem Pananggalan (Balandja) dhateng Putra Santana tuwin Abdi 1871-1872, Koleksi Arsip Perpustakaan Reksapustaka Pura Mangkunegaran (Suatu Tinjauan Filologis dan Isi). Skripsi: Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana teks naskah PDP yang bersih dari kesalahan menurut cara kerja filologi? (2) Bagaimana isi yang terkandung dalam naskah PDP yang berhubungan dengan gaji para pegawai dan kerabat raja dari beberapa wilayah pada masa itu?. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Menyajikan suntingan teks dari naskah PDP yang bersih dari kesalahan menurut cara kerja filologi. (2) Mengungkap dan mendeskripsikan isi yang terkandung di dalam naskah PDP yang berhubungan dengan gaji pegawai dan kerabat raja pada masa itu.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research). Sumber data penelitian ini adalah naskah PDP yang merupakan naskah prosa yang didominasi oleh bentuk tabel bertuliskan aksara Jawa carik dan juga sebagian angkanya menggunakan angka Arab. Data penelitian ini adalah teks naskah dan kandungan isi yang terdapat di dalamnya. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tahap inventarisasi naskah. Setelah itu dilakukan pengecekan data secara langsung di tempat penyimpanan naskah. Kemudian dilakukan digitalisasi naskah dan pendeskripsian naskah serta pengamatan lebih lanjut. Langkah selanjutnya yaitu melakukan alih aksara, kritik teks dan menyunting teks naskah agar bersih dari kesalahan. Teknik analisis data menggunakan cara kerja penelitian filologi metode edisi kritis dalam proses penyuntingan teks, dan teknik analisis isi yang digunakan adalah teknik analisis interaktif.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Naskah PDP merupakan naskah tunggal koleksi Perpustakaan Reksapustaka Pura Mangkunegaran dengan nomer katalog MN IV 41. Naskah telah dialih aksara dan dikritisi, diperoleh suntingan teks yang bersih dari kesalahan dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Ditemukan adanya kesalahan penulisan sebanyak 29 kesalahan, yang meliputi 2 korup, 3 hiperkorek, 7 lakuna, 3 adisi, 7 kesalahan hitung dan 7 ketidakkonsistenan penulisan. (2) Naskah PDP berisi tentang gaji dan tunjangan yang diberikan raja kepada abdi dalem dan kerabat raja. Penelitian ini menguraikan tentang kawedanan-kawedanan yang ada beserta dengan jabatan-jabatan didalamnya, daftar abdi dalem dan kerabat raja yang menerima gaji, pajak tanah untuk kerabat raja serta analisis mata uang yang digunakan.
×
Penulis Utama : Arsyta Wulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0120008
Tahun : 2024
Judul : Naskah Paring Dalêm Pananggalan (Balandja) dhatêng Putra Santana tuwin Abdi 1871-1872, Koleksi Arsip Perpustakaan Reksapustaka Pura Mangkunegaran (Suatu Tinjauan Filologis dan Isi)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2024
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : gaji abdi dalem dan kerabat raja, rupiyah pethak, Pura Mangkunegaran.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Link DOI : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sisyono Eko Widodo, M.Hum.
Penguji : 1. Drs. Sisyono Eko Widodo, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.