Penulis Utama : Nopitasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Evaluasi akuntansi piutang usaha pada perusahaan daerah air minum (PDAM) Kabupaten Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3302176-2005
Subyek : AKUNTANSI
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Perusaahan Daerah air Minum (PDAM) Kabupaten Klaten adalah sebuah perusahaan daerah yang melayani kebutuhan air minum bagi masyarakat Kabupaten Klaten. Sistem penjualan air dilakukan secara kredit. Karena penjualannya dilakukan secara kredit, maka piutang yang timbul dari PDAM Kabupaten Klaten cukup besar. Oleh karena itu, diperlukan suatu ketepatan dalam akuntansi piutang usaha, sehigga piutang usaha dapat disajikan secara tepat di neraca.

            Tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk mengevaluasi akuntansi piutang usaha yang terjadi pada PDAM Kabupaten Klaten, apakah sudah sesuai dengan prinsip akuntansi berterima umum atau belum. Dalam mengevaluasi akuntansi piutang usaha pada PDAM Kabupaten Klaten ini, penulis melihat dari berbagai aspek, yaitu klasifikasi piutang, pengakuan piutang usaha, estimasi piutang tak tertagih, akuntansi piutang tak tertagih, serta penilaian dan pelaporan piutang usaha.

            Dari hasil penelitian ini dapat penulis ketahui bahwa akuntansi piutang usaha pada PDAM Kabupaten Klaten secara keseluruhan sudah baik dan sudah memenuhi ketentuan prinsip akuntansi berterima umum. Namun ada beberapa pula akuntansi piutang usaha dari PDAM Kabupaten Klaten yang kurang tepat, sehingga masih memerlukan perbaikan. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai alternatif solusi bagi PDAM Kabupaten Klaten, agar dapat menyajikan akuntansi piutang usaha dengan tepat dan sesuai dengan prinsip akuntansi berterima umum.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
TA.doc.doc
File Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Doddy Setiawan, SE, MSi, Ak.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis