Penulis Utama : Ratri Erta Rini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis faktor-faktor yang mempangaruhi tingkat kunjungan wisatawan Singapura ke Indonesia (tahun 1984-2003)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F010167-2005
Subyek : PARIWISATA, MANAJEMEN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, pertama, Pengaruh pendapatan per kapita Singapura, jumlah penduduk Singapura, kurs dan keamanan di Indonesia (dummy) terhadap tingkat kunjungan wisatawan Singapura ke Indonesia; kedua, Besarnya pengaruh pendapatan per kapita Singapura, jumlah penduduk Singapura, kurs dan keamanan di Indonesia terhadap tingkat kunjungan wisatawan Singapura ke Indonesia.

        Penelitian ini merupakan analisis data sekunder, dimana data yang digunakan adalah data deret waktu (time series) dari tahun 1984-2003. Alat analisis yang digunakan adalah model regresi linier berganda dengan persamaan dalam bentuk semi-log. Proses pengujian yang dilakukan adalah uji statistik (uji t, uji F dan uji koefisien determinasi) dan uji asumsi klasik (uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi).

        Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pendapatan per kapita Singapura dan kurs berpengaruh positif terhadap tingkat kunjungan wisatawan Singapura ke Indonesia, akan tetapi tidak signifikan pada tingkat 15%. Sedangkan variabel jumlah penduduk Singapura dan keamanan di Indonesia (dummy) berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kunjungan wisatawan Singapura ke Indonesia pada tingkat 5%.

         Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diajukan saran-saran sebagai berikut : pertama, peningkatkan kerjasama antara pemerintah Indonesia dengan Singapura, disertai dengan peningkatan kualitas produk wisata; kedua, Pemerintah melalui Departemen Kebudayaan dan Pariwisata hendaknya melakukan promosi bersama instansi terkait yang berhasilguna dan berdayaguna; ketiga, Pemerintah melalui Bank Indonesia hendaknya menjaga agar rupiah tidak mengalami depresiasi dengan melakukan kebijakan Operasi Pasar Terbuka (meningkatkan SBI) untuk mengurangi kelebihan rupiah di pasar ; keempat, Pemerintah hendaknya mengevaluasi dalam hal kinerja pengamanan nasional untuk memulihkan citra Indonesia.

 

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Nunung Sri Mulyani
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis