Penulis Utama : Dami
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Evaluasi sistem pengendalian intern terhadap pengadaan dan penggunaan obat pada RSUD Dr. Moewardi Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3302140-2005
Subyek : MANAJEMEN PENGENDALIAN MATERIAL
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Objek penelitian ini dilaksanakan di RSUD Dr. Moewardi yang berlokasi di Jalan Kolonel Soetarto 132 kompleks Jebres Surakarta. Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui sistem pengadaan dan penggunaan obat pada RSUD Dr. Moewardi Surakarta dan mengevaluasi sistem pengendalian internnya. Pengadaan obat dilakukan setiap tanggal 20 untuk setiap bulannya dengan menggunakan Anggaran Belanja Administrasi Umum (BAU) dan Belanja Operasional dan Pemeliharaan (BOP). Sedangkan penggunaan obat dilakukan jika bagian distribusi menerima resep yang telah diotorisasi dokter.

Penulis melakukan penelitian sistem pengendalian intern pengadaan dan penggunaan obat pada RSUD Dr. Moewardi Surakarta bertujuan untuk mempraktekkan teori yang dipelajari dengan keadaan yang sesungguhnya di Rumah Sakit. Metode pengumpulan data yang penulis pergunakan yaitu wawancara, observasi, dan studi pustaka. Data yang diperoleh kemudian dievaluasi dengan cara membandingkan dengan teori.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam pengadaaan dan penggunaan obat adalah penerapan sistem pengendalian intern yang baik dengan memasukkan unsur-unsur sistem pengendalian intern di dalamnya. Selama ini perusahaan telah memperhatikan unsur-unsur sistem pengendalian intern dalam kegiatan pengadaan dan penggunaan obat, tetapi masih terdapat kekurangan yaitu Buku Permintaan Pengadaan Barang Gudang (BPPBG) tidak dibuat rangkap oleh bagian gudang farmasi, tidak pernah dilakukan pemeriksaan mendadak, bagian akuntansi tidak menyelanggarakan kartu persediaan, dan masih ada sebagian pegawai struktural yang merangkap sebagai pegawai yang mengurusi pengadaan obat.

Atas dasar evaluasi yang dilakukan, maka penulis merekomendasikan agar di masa mendatang bagian akuntansi menyelenggarakan kartu persediaan, BPPBG dibuat rangkap oleh bagian gudang farmasi, sering dilakukan pemeriksaan mendadak, dan pegawai struktural tidak merangkap sebagai pegawai yang mengurusi pengadaan obat agar kelancaran dalam menyelesaikan pekerjaannya tidak terganggu.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Afis Setyorini, SE., Ak.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis