Penulis Utama : Dwi Maryanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Penilaian kinerja keuangan pada PT. PLN (persero) APJ Surakarta dengan menggunakan analisis rasio keuangan periode 2000-2004
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3302514-2005
Subyek : ANALISA LAPORAN KEUANGAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

PT PLN (Persero) APJ Surakarta adalah salah satu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang kelistrikan. Dalam menjalankan kegiatan operasionalnya yang beralamat di Jalan Slamet Riyadi No. 468 Surakarta, tidak hanya menyediakan dan menjual tenaga listrik, tetapi juga berbagai macam penunjang tenaga listrik lainnya, seperti : konsultan tentang tenaga listrik, pembangunan atau pemasaran tenaga listrik, pemeliharaan atau pemasaran peralatan listrik, dan pengembangan teknologi peralatan yang menunjang penyediaan tenaga listrik.

Dalam pembahasan ini penulis mengupas masalah kondisi keuangan, serta kemudian menilai kinerja PT PLN (Persero) APJ Surakarta berdasarkan kondisi laporan keuangan. Dalam menilai tingkat kinerja berdasarkan laporan keuangan tersebut penulis mengunakan 5 analisis rasio keuangan yaitu likuiditas, solvabilitas, return o n invesment, assets utilization, dan rasio berdasarkan Keputusan Direksi PT PLN No : 023 K/010/DIR/2004 selama lima periode yaitu tahun 2000 sampai dengan tahun 2004.

Dari hasil analisis yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa PT. PLN (Persero) APJ Surakarta mengalami likuid, solvabel, profittabel, hal ini dibuktikan tingginya current ratio diatas 200%, rasio likuiditas dan operting ratio di bawah 100%, serta adanya tingkat penegembalian yang cukup baik atas aktiva yang ditanamkan dalam perusahaan karena selama lima periode perusahaan berhasil memperoleh laba.

Akhirnya, berdasarkan semua analisis penulis meyimpulkan bahwa PT. PLN (Persero) APJ Surakarta APJ Surakarta mempunyai kinerja yang baik dan tergolong perusahaan yang sehat. Penulis juga berharap perusahaan mampu mempertahankan atau meningkatkan kinerjanya dengan jalan lebih mengefisienkan penggunaan modal atau keseluruhan aktivanya, serta menekan/mengurangi biaya-biaya yang terjadi agar laba yang diperoleh perusahaan dapat maksimal.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Arif Lukman SE, Ak
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis