Penulis Utama : Anton Bayuseno
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis likuiditas solvabilitas dan profitabilitas dalam menilai kinerja Pusat Koperasi Waris Surakarta tahun 2002 s.d 2004
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3302133-2005
Subyek : LABA, KOPERASI
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Laporan keuangan merupakan salah satu sumber informasi yang sangat penting. Laporan keuangan tidak hanya dibutuhkan oleh organisasi profit, tetapi juga organisasi non profit, dalam menilai kinerja keuangan dari tahun ke tahun, sehingga diharapkan dapat memberikan informasi laporan keuangan yang akan digunakan untuk pengambilan keputusan.

Penelitian ini dilakukan untuk menilai kinerja keuangan Pusat Koperasi WARIS Surakarta dari tahun 2002 s.d. tahun 2004, dilihat dari sisi likuiditas, solvabilitas, dan profitabilitas. Metode yang digunakan penulis adalah analisis horisontal karena dapat membandingkan laporan keuangan dalam beberapa periode sekaligus.Teknik yang digunakan penulis adalah analisis perbandingan dan analisis rasio (likuiditas, solvabilitas, dan profitabilitas).

Hasil analisis menunjukkan bahwa kinerja keuangan yang dimiliki oleh Pusat Koperasi WARIS Surakarta sudah memuaskan. Dilihat dari sisi likuiditas Pusat Koperasi WARIS Surakarta secara umum sudah likuid, sehingga menunjukkan bahwa kemampuannya dalam memenuhi kewajiban keuangannya yang harus segera dipenuhi pada saat jatuh tempo sudah baik, sedangkan dari sisi solvabilitas Pusat Koperasi WARIS Surakarta secara umum insolvable karena rasionya masih jauh dari standar yang termuat pada Kertas Kerja Penilaian Klasifikasi Koperasi dalam Keputusan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah No.129/Kep./M/KUKM/XI/2002 tentang Pedoman Klasifikasi Koperasi. Secara profitabilitas, Pusat Koperasi WARIS Surakarta mempunyai kemampuan menghasilkan laba dalam kondisi baik (profitable) meskipun rasio dari tahun ke tahun ada yang mengalami fluktuasi. Pusat Koperasi WARIS hendaknya lebih meningkatkan kinerja keuangannya agar menjadi lebih baik pada periode yang akan datang untuk mencapai klasifikasi yang sangat baik dan apabila sudah dalam kondisi yang memuaskan untuk berusaha mempertahankannya.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Muthmainah, M.Si, Ak
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis