Penulis Utama : Marhenny Mulyaningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Penerapan metode forecast penjualan dalam penyusunan anggaran penjualan pada KUD Lalung Jaya Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3302064-2005
Subyek : PEMASARAN-RAMALAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode yang digunakan oleh KUD Lalung Jaya Karanganyar dalam penyusunan forecast penjualannya telah mendekati realisasinya. Penelitian ini juga mempunyai tujuan untuk mengetahui teknik forecasting mana yang paling sesuai untuk diterapkan dalam penyusunan anggaran penjualan pada KUD Lalung Jaya.

Metode forecast penjualan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode trend moment, metode trend least square, metode trend setengah rata-rata, dan metode trend kuadratik. Penyusunan forecast penjualan dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data volume penjualan pada KUD Lalung Jaya Karanganyar selama tahun 2000 sampai dengan tahun 2004. Hasil dari perbandingan antara trend yang dibuat dengan realisasinya digunakan untuk menghitung nilai SKF (Standar Kesalahan Forecasting). Nilai SKF ini menunjukkan apakah metode yang digunakan dalam penyusunan forecast penjualan telah mendekati realisasinya. SKF membandingkan antara metode yang satu dengan metode yang lain, SKF yang paling kecil adalah yang paling baik karena hal tersebut menunjukkan forecast penjualan yang dibuat adalah yang paling mendekati penjualan nyata.

Hasil dari analisis menunjukkan bahwa forecasting yang dilakukan oleh KUD Lalung Jaya Karanganyar masih menyimpang jauh dari realisasinya. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai SKF yang cukup besar yaitu sebesar 17.984.663,25. Metode trend moment dan least square menghasilkan SKF sebesar 4.950.113,08, metode trend setengah rata-rata menghasilkan SKF sebesar 5.246.767.,42, sedangkan metode trend kuadratik menghasilkan SKF sebesar 4.832.526,72.

Berdasarkan hasil temuan di atas, maka metode forecast penjualan yang paling sesuai untuk diterapkan dalam penyusunan anggaran penjualan oleh KUD Lalung Jaya adalah metode trend kuadratik karena metode tersebut mempunyai nilai SKF terkecil.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Jaka Winarna, MSi.Ak
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis