Penulis Utama : Muhtarom
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Pengaruh kualitas surat kabar terhadap kepuasaan konsumen (studi pada Surat Kabar Solopos Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0299083-2003
Subyek : PERILAKU KONSUMEN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Derasnya arus globalisasi menuntut perusahaaan untuk lebih kreatif dan membuat strategi agar dapat bersaing dan mempertahankan posisinya dalam pasar. Demikian juga dengan Solopos harus menggunakan strategi yang bisa diandalkan agar dapat meningkatkan kualitas produk yang dimiliki untuk menciptakan kepuasan konsumen yang akhirnya akan menuju loyalitas konsumen. Berkaitan dengan hal tersebut, dirumuskan tiga masalah yang hendak diteliti dan hendak dicari penyelesaiannya. Yang pertama adalah bagaimana tingkat kepuasan konsumen Solopos terhadap kualitas dari surat kabar Solopos, yang kedua adalah bagaimana kesesuaian antara tingkat kepentingan konsumen dengan tingkat kinerja perusahaan terutama pada dimensi-dimensi kualitas surat kabar Solopos, dan yang ketiga adalah dimensi manakah dari kualitas surat kabar Solopos yang paling berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Sehubungan dengan dengan masalah tersebut diajukan tiga hipotesis, yang pertama adalah konsumen Solopos merasa belum puas terhadap kualitas produk dari surat kabar Solopos, yang kedua terdapat kesenjangan antara tingkat kepentingan konsumen dengan kinerja peruasahaan terutama pada dimensi-dimensi kualitas produk surat kabar Solopos, dan yang ketiga adalah dimensi tangible merupakan dimensi dari kualitas produk yang paling berpengaruh terhadap kepuasan konsumen.

Dalam memperoleh data penelitian ini menggunakan instrumen kuisioner yang disebar kepada 100 responden yang merupakan sampel dalam penelitian ini. Adapun yang dimaksud responden dalam penelitian ini adalah para pelanggan surat kabar Solopos yang berada diwilayah Surakarta. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling karena jumlah populasi yang diteliti tidak terbatas dan harus memenuhi syarat yang telah ditentukan. Dalam penelitian ini kepuasan konsumen di ukur berdasarkan kesenjangan antara kinerja yang actual dengan harapan yang konsumen yang kemudian diberi bobot kepentingan menurut persepsi konsumen, dengan skor minimal satu dan skor maksimal lima untuk tiap item perrtanyaan. Adapun dimensi dari kualitas produk yang diukur terdiri dari lima dimensi yaitu : reliability, tangibles responsivness, assurance,dan emphaty. Untuk menjamin kevalidan dan kehandalan dari kuisioner dilakukan uji validitas dengan menggunakan metode korelasi kendall tau_B dan untuk uji reliabilitas menggunakan metode alpha cronbach. Adapun untuk menguji hipotesis penelitian digunakan tiga alat analisis yaitu weighted servqual analysis yang digunakan untuk menguji hipotesis pertama, mean importance-performance analysis untuk menguji hipotesis kedua dan uji t untuk sampel berpasangan untuk menguji hipotesis ketiga.

Dari uji validitas dan reliabilitas didapatkan hasil bahwa seluruh item pertanyaan dalam kuisioner memiliki status yang valid dan reliabel, Selanjutnya dari pengukuran tingkat kepuasan konsumen surat kabar Solopos didapatkan hasil bahwa tingkat kepuasan konsumen Solopos berada pada kategori tidak puas dengan skor indeks kepuasan total sebesar -5 092. mean performance analysis menunjukkan hasil bahwa ternyata masih ada kesenjangan antara tingkat kepentingan dan kinerja pada dimensi-dimensi kualitas produk surat kabar Solopos, hal ini ditunjukkan dengan adanya enam item pertanyaan yang terdapat pada kuadran D pada diagram kartesius yang berarti ada dimensi-dimensi yang dianggap kurang penting oleh konsumen namun oleh perusahaan dilaksanakan secara berlebihan sehingga terjadi overperforming. Sedangkan dari hasil uji t untuk sampel berpasangan didapatkan hasil dimensi reliability merupakan dimensi yang paling berpengaruh terhadap kepuasan konsumen.

Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hipotesis pertama yang menyatakan bahwa konsumen Solopos merasa belum puas terhadap kualitas produk dari surat kabar Solopos diterima atau terbukti. Hal ini disebabkan masih adanya harapan-harapan konsumen yang belum dipenuhi oleh pihak perusahaan. Untuk hipotesis kedua yang menyatakan bahwa terdapat kesenjangan antara tingkat kepentingan dengan kinerja pada dimensi-dimensi kualitas produk Solopos adalah diterima atau terbukti. Sedangkan untuk hipotesis yang ketiga yang menyatakan bahwa dimensi tangibles merupakan dimensi kualitas produk yang paling berpengaruh terhadap kepuasan konsumen ditolak atau tidak terbukti. Hal ini karena konsumen Solopos menganggap dimensi ini pengaruhnya tidak besar terhadap kepuasan. Dari beberapa kesimpulan diatas disarankan kepada pihak Solopos untuk meningkatkan kinerja terutama pada faktor SDM, terus mencurahkan perhatian dan meningkatkan kinerja terutama pada dimensi assurance, mengurangi kineja dimensi yang dianggap tidak penting namun dilaksanakan dengan belebihan serta selalu menjaga kinerja dimensi reliability seperti keakuratan dan keaktualan berita.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis