Penulis Utama : Sukarni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Analisis perbandingan kinerja atas rasio likuiditas dan profitabilitas antara PT. Pabelan Surakarta dan CV. Sahabat Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3300209-2003
Subyek : MANAJEMEN KEUANGAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kinerja atas rasio likuiditas dan profitabilitas antara PT. Pabelan Surakarta dan CV. Sahabat Klaten. Dalam penelitian ini, penulis akan berusaha memperlihatkan perbandingan dari kedua perusahaan penerbit dan percetakan dalam hal kemampuan memenuhi kewajiban keuangan jangka pendek (rasio likuiditas) dan kemampuan memperoleh laba dalam aktivitas operasionalnya (rasio profitabilitas). Analisis ini dilakukan untuk menilai seberapa besar prestasi yang dicapai perusahaan sehingga nantinya dapat dijadikan sebagai dasar untuk mengambil keputusan bagi kedua perusahaan tersebut.

Penulisan tugas akhir ini menggunakan metode pengambilan data dengan meminta laporan keuangan kepada kedua perusahaan tersebut, studi pustaka terhadap tugas akhir, buku literatur, serta observasi lapangan di lokasi penelitian. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dengan meminta laporan keuangan pada perusahaan tersebut kemudian diolah menjadi sumber data yang diolah; dan data skunder yang diperoleh dari tugas akhir, laporan kerja praktek dan buku literatur.

Berdasarkaan analisis yang telah penulis lakukan dalam penulisan tugas akhir ini, maka dapat ditarik kesimpulan berdasarkan tujuan penelitian sebagai berikut.

1. Untuk perkembangan usaha dari PT. Pabelan Surakarta dan CV. Sahabat Klaten sebagai berikut.

Bila dilihat dari rasio likuiditas tampak bahwa CV. Sahabat Klaten mengalami perkembangan yang naik turun dari tahun ke tahun dilihat dari kemampuan untuk memenuhi kewajiban lancarnya, sedangkan PT. Pabelan Surakarta mengalami penurunan dari tahun ketahun dalam artian semakin menurun kemampuanya untuk memenuhi kewajiban lancarnya .

Bila dilihat daari rasio profitabilitas PT. Pabelan Surakarta tampak perkembangan usaha yang positif walaupun perkembangan yang dialami sangatlah kecil jika dilihat dari kemampuan untuk menghasilkan keuntungan, sedangkan CV. Sahabat Klaten mengalami perkembangan yang negatif atau kurang baik dalam kemampuan menghasilkan keuntungan.

2. Untuk usaha perusahaan mana yang lebih baik kinerja keuanganya, dihasilkan kesimpulan sebagai berikut.

Bila dilihat dari rasio likuiditas maka kinerja CV. Sahabat Klaten lebih baik dari PT. Pabelan Surakarta, tapi jika dilihat dari rasio profitabilitas kinerja keuangan menunjukkan bahwa PT. Pabelan Surakarta perkembanganya lebih baik (positif) dari pada CV. Sahabat Klaten.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis