Penulis Utama : Menis Agus Muttaqin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Analisis faktor yang mempengaruhi komitmen kerja karyawan pada PT. Solo Fine Furniture
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0295096-2003
Subyek : MOTIVASI KERJA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi komitmen kerja karyawan pada PT. Solo Fine Furniture, 2) untuk mengetahui variabel apa yang paling dominan mempengaruhi komitmen kerja karyawan.

Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah : 1) variabel-variabel karakteristik individu, karakteristik pekerjaan, dan pengalaman kerja akan berpengaruh terhadap komitmen kerja karyawan. 2) variabel karakteristik pekerjaan merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi komitmen kerja karyawan.

Populasi dalam penelitian ini adalah 63 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak populasinya (Uji Populasi ). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah multiple regression.

Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh hasil sebagai berikut (1) Karakteristik individu memberikan pengaruh positif terhadap komitmen kerja karyawan sebesar 2,764 dengan nilai signifikansi sebesar 0,008, karakteristik pekerjaan memberikan pengaruh yang positif terhadap komitmen kerja karyawan sebesar 3,644 dengan nilai signifikansi sebesar 0,017, dan pengalaman kerja memberikan pengaruh yang positif terhadap komitmen kerja karyawan sebesar 2,964 dengan nilai signifikansi sebesar 0,007. (2) Diantara ketiga faktor tersebut, karakteristik pekerjaan merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap komitmen kerja karyawan. Hal ini dapat dilihat dari paling besarnya hubungan yang ditujukan yaitu 3,6440 dari pada faktor yang lain (karakteristik individu = 2,764 dan pengalaman kerja sebesar 2,9640) (3) Dari R2 ( koefisien determinasi) = 0,846 yang berarti bahwa 84,6% dipengaruhi oleh variabel karakteristik individu, karakteristik pekerjaan dan pegalaman kerja secara bersama-sama. Sisanya sebesar 15,4% dipengaruhi oleh variabel yang lainya yang tidak masuk dalam persamaan regresi tersebut.(4) Sedangkan hasil dari pengujian atas koefisien regresi diperoleh F=7,177 dengan probabilitas kesalahan (signifikansi) sebesar 0,005. Jadi dapat disimpulkan bahwa variabel karakteristik individu, karakteristik pekerjaan dan pengalaman kerja secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap komitmen kerja karyawan.

Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan : karakteristik individu sudah cukup baik, jadi perusahaan sebaiknya mempertahankannya dan karakteristik pekerjaan sangat berpengaruh terhadap komitmen kerja karyawan, sehingga perusahaan harus mampu meningkatkan lagi supaya memberikan semangat dan dorongan kepada bawahannya demi tercapainya tujuan perusahaan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. H. M. Amin Gunadi, M.P
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis