Penulis Utama : Sitha Puspita Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Pengaruh variabel marketing mix terhadap keputusan pembelian sepeda motor nasional fukuda pada PT. Sarana Utama Mas Indomotor di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1203160-2005
Subyek : PERILAKU KONSUMEN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Permasalahan yang hendak dicari jawabannya pada penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara variabel independen yang terdiri dari marketing mix (produk, harga, distribusi/lokasi, serta promosi), terhadap variabel dependen, yaitu keputusan pembelian sepeda motor nasional Fukuda pada PT. Sarana Utamamas Indomotor (PT. SUIM) di Surakarta, serta untuk mengetahui variabel manakah yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen.

Dari permasalahan di atas, diajukan hipotesis bahwa diduga terdapat pengaruh variabel independen (produk, harga, distribusi/lokasi, serta promosi) terhadap keputusan pembelian sepeda motor nasional Fukuda pada PT. Sarana Utamamas Indomotor di Surakarta, serta diduga variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen adalah variabel produk.

Sejalan dengan permasalahan serta hipotesis penelitian, maka penelitian ini dilakukan dengan metode survei, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, di mana pengambilan sampel didasarkan ciri-ciri atau sifat tertentu yang dipandang mempunya sangkut paut yang erat dengan ciri atau sifat populasi yang sudah diketahui sebelumnya, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data adalah melalui kuesioner yang diberikan kepada responden, wawancara dengan pihak perusahaan, observasi langsung ke dealer, serta studi pustaka dengan mengumpulkan materi dan sumber pustaka yang berhubungan dengan penelitian. Teknik pengukuran yang digunakan untuk menilai tanggapan responden adalah teknik skala likert. Selanjutnya insrumen penelitian diuji melalui teknik validitas dan reliabilitas, untuk mengetahui seberapa cermat suatu tes melakukan fungsi ukurnya, dan menunjukkan sejauh mana suatu alat ukur dapat dipercaya atau diandalkan.

Teknik analisis data yang dilakukan adalah dengan analisis deskriptif, yaitu menggambarkan keadaan umum dari responden atau konsumen sepeda motor Fukuda yang terambil sebagai sampel. Sedangkan analisis kuantitatif terdiri dari regresi linier berganda, uji t, uji F, serta koefisien determinasi. Seluruh penghitungan pada analisis data dibantu dengan program komputer SPSS.

Hasil pengujian instrumen penelitian menunjukkan bahwa seluruh item-item pertanyaan pada masing-masing variabel adalah valid dan reliabel, dilihat dari nilai masing masing signifikansi korelasi untuk setiap item pertanyaan yaitu  < 0,05 untuk uji validitas, yang berarti valid, serta nilai probabilitas masing-masing variabel > 0,5 untuk uji reliabilitas, yang berarti reliabel.

Dari analisis deskriptif yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa mayoritas konsumen sepeda motor Fukuda pada PT. SUIM di Surakarta adalah berusia      41 – 45 tahun, berjenis kelamin pria, berpendidikan terakhir SLTA, serta mempunyai pekerjaan sebagai wiraswasta. Sedangkan dari hasil analisis kuantitatif, diperoleh hasil sebagai berikut : untuk regresi linier berganda,  diperoleh persamaan regresi Y = - 4,857 + 0,433 X1 + 0,145X2 + 0,180X3 + 0,118X4. Yang artinya, apabila indikator dari keempat variabel independen (produk, harga, distribusi/lokasi, dan promosi) tidak dilakukan atau tidak dipenuhi, maka keputusan pembelian konsumen akan mengalami penurunan. Dari hasil uji t, nilai signifikansi masing-masing variabel adalah dibawah 0,05, sehingga disimpulkan bahwa variabel independen (produk, harga, distribusi/lokasi, dan promosi) secara parsial/sendiri-sendiri mempunyai pengaruh yang  signifikan terhadap variabel dependen (keputusan pembelian konsumen). Nilai t hitung yang peling besar adalah pada variabel produk, yaitu sebesar 6,775, yang artinya variabel produk adalah faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Sedangkan hasil penghitungan pada uji F yaitu sebesar 70,937 yang jauh lebih besar dari nilai F tabel 2,45, menunjukkan bahwa variabel independen (produk, harga, distribusi/lokasi, serta promosi) secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen (keputusan pembelian konsumen). Hasil penghitungan koefisien determinasi adalah sebesar 0,749, sedangkan nilai koefisien determinasi yang telah disesuaikan adalah sebesar 0,739. Ini berarti 73,9% variabel dependen /keputusan pembelian konsumen PT. SUIM di Surakarta benar-benar dipengaruhi oleh variabel independen (produk, harga, distribusi/lokasi, dan promosi), sedangkan sisanya yaitu sebesar 26,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Dari hasil penelitian ini, penulis mengambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel independen (produk, harga, distribusi/lokasi, dan promosi) terhadap variabel dependen (keputusan pembelian konsumen), baik secara parsial maupun secara bersama-sama. Sedangkan saran yang dapat diberikan kepada PT. SUIM cabang Surakarta adalah agar perusahaan memperhatikan keempat variabel marketing mix perusahaan secara keseluruhan, dengan tujuan untuk memeprtahankan dan memperluas konsumen, karena seluruh variabel mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembeian konsumen. Selain itu, dilihat dari faktor yang paling dominan berpengaruh, yaitu variabel produk, disarankan kepada perusahaan untuk mempertahankan apa yang sudah ada saat ini, dan terus mengadakan peningkatan yang berkaitan dengan kualitas, baik untuk produk maupun pelayanannya.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
SKRIPSI.doc
File Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Dwi Hastjarja KB, MM
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis