Penulis Utama : Ueis Yuita Ardi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Pengaruh faktor tax payer terhadap keberhasilan penerimaan pajak bumi dan bangunan di Kecamatan Pangkalan Kabupaten Karawang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1303043-2005
Subyek : PAJAK BUMI DAN BANGUNAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh faktor tax payer terhadap keberhasilan penerimaan PBB di kecamatan Pangkalan kabupaten Karawang, 2) untuk mengetahui seberapa jauh tingkat signifikansi faktor-faktor tersebut berpengaruh terhadap keberhasilan penerimaan PBB di kecamatan Pangkalan kabupaten Karawang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pihak-pihak yang terkait dengan penerimaan PBB. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: 1) faktor kesadaran perpajakan, pemahaman wajib pajak terhadap undang-undang dan peraturan perpajakan, persepsi wajib pajak tentang pelaksanaan sanksi denda, pendapatan wajib pajak berpengaruh terhadap keberhasilan penerimaan PBB, 2) faktor pemahaman mempunyai tingkat signifikansi paling tinggi dalam mempengaruhi keberhasilan penerimaan PBB.

Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode survey responden di wilayah kecamatan Pangkalan. Responden adalah wajib pajak PBB di kecamatan Pangkalan. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode sampel acak sederhana (simple random sampling). Jumlah sampel yang diambil sebanyak 147. Pengumpulan data diperoleh dari data primer, data sekunder, dan wawancara. Pengukuran instrumen dilakukan dengan menggunakan skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi), serta uji hipotesis melalui alat analisis multiple regression.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua item pertanyaan adalah valid dan reliabel. Hal ini ditunjukkan dengan critical value 0,159, sedangkan rxy yang diperoleh lebih besar daripada critical value 0,159. Dari uji normalitas dihasilkan data terdistribusi normal, hal ini ditunjukkan oleh p value di atas 0,05. Hipotesis penelitian diuji dengan t-test dan F-test dari persamaan regresi pada = 5%. Dari hasil perhitungan komputer program SPSS dihasilkan thitung dan probabilitas sebagai berikut: kesadaran perpajakan sebesar 2,401 (0,018); pemahaman sebesar 2,825 (0,005); persepsi sebesar 3,466 (0,001); dan pendapatan sebesar 3,187 (0,002).

Setelah dibandingkan dengan ttabel sebesar 1,960, ternyata thitung lebih besar, sehingga hipotesis alternatif diterima. Berdasarkan uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 19,938, hal ii berarti secara bersama-sama variabel independen mempengaruhi variabel dependen, yaitu keberhasilan penerimaan PBB. Koefisien determinasi sebesar 0,342 mempunyai arti bahwa variabel kesadaran perpajakan, pemahaman, persepsi, dan pendapatan mampu menerangkan variabel keberhasilan penerimaan PBB sebesar 34,2% dan sisanya sebesar 65,8% diterangkan oleh variabel lain di luar model regresi. Variabel persepsi mempunyai tingkat signifikansi yang paling tinggi, hal ini ditunjukkan oleh thitung sebesar 3,466 dan probabilitas 0,001.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Agus Widodo, SE, M.Si., Ak.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis